Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALHAMDULILLAH Tenaga Honorer Ini Diprioritaskan Menjadi ASN Oleh PANRB Tahun 2023, Golongannya Ternyata...

Bantuanguru.com -  Perekrutan CASN 2023 oleh PANRB dipastikan akan tetap berjalan di tengah isu penghapusan tenaga honorer.

Tenaga honorer yang ingin menjadi ASN bisa mengikuti rekrutmen CASN 2023 yang dibuka untuk PNS dan juga PPPK.

Tenaga honorer dari beberapa golongan akan diprioritaskan pemerintah untuk diangkat menjadi tenaga ASN.

Jadi, tenaga honorer bisa mengikuti CASN 2023 bagi yang ingin berubah karirnya menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Pemerintah sudah memutuskan untuk melakukan rekrutmen CPNS dan PPPK pada tahun 2023," ujar Azwar Anas.

Ada empat kebijakan yang dilakukan pemerintah tentang perekrutan CASN tahun 2023, kebijakan tersebut mulai dari fokus pelayanan dasar, merekrut talenta digital, selektif dalam merekrut CPNS dan juga menghapus jabatan yang akan terkena dampak kemajuan ekonomi.

Untuk kebijakan pertama, pemerintah akan fokus pada tenaga pendidikan dan kesehatan untuk direkrut menyelesaikan masalah non ASN dengan sangat optimal.

Untuk jabatan yang dihapus, pemerintah juga masih melakukan analisis mana saja jabatan yang terkena dampak transformasi digital.

“Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi agar tidak tergerus zaman,” jelas Anas.

"Khusus untuk seleksi CPNS tahun depan, prioritas pemerintah untuk pemenuhan kebutuhan profesi tertentu seperti hakim, jaksa, dosen, serta tenaga teknis tertentu lainnya termasuk talenta digital serta jabatan pelaksana prioritas sesuai Peraturan Menteri PANRB No. 45/2022 tentang Jabatan Pelaksana Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah,” kata Anas.

Sementara untuk rekrutmen PPPK, pemerintah akan fokus mengangkat tenaga honorer guru dan tenaga kesehatn untuk diangkat menjadi PPPK.

Pemerintah sendiri sudah meminta kepada kepala daerah untuk segera melakukan pendataan dan usulan jumlah ASN yang diingin untuk diisi di setiap instansi pemerintah daerah.

“Berdasarkan usulan kebutuhan dari kementerian, lembaga, dan pemda akan ditetapkan formasi dengan memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan teknis Kepala BKN,” jelas Azwar Anas.

Untuk rekrutmen CASN 2023 ada beberapa pertimbangan pemerintah untuk merekrut ASN, mulai dari jumlah PNS yang pensiun, pemenuhan SDM, letak geografis dan juga anggran pemerintah pusat dan daerah.

“Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan kajian terkait penataan dan pemenuhan formasi ASN Papua dan Papua Barat serta DOB Papua,” jelas Anas.

Pastinya, seleksi CASN 2023 bisa menjadi harapan tenaga honorer untuk bisa diangkat menjadi ASN.

Apalagi dengan adanya kebijakan penghapusan tenaga honorer, tahun ini bisa menjadi harapan honorer untuk karirnya naik menjadi ASN.***