Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat ya, Guru Kategori ini Tetap Dapat Tunjangan di Tahun 2023 Dari Kemenkeu, yang Sudah Sertifikasi dan Non

Bantuanguru.com - Mulai tahun baru 2023, Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu) sudah merilis rincian tunjangan untuk guru baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum.

Pemerintah melalui Kemenkeu RI memberikan tunjangan bagi guru baik yang sudah sertifikasi maupun yang belum guna untuk mengapresiasi jasa yang telah diberikan untuk kemajuan pendidikan bangsa.

Maka dari itu, penting bagi pemerintah agar selalu memerhatikan kesejahteraan para guru dengan memberikan apresiasi, salah satunya yaitu dengan memberikan gaji dan tunjangan.

Sebelumnya, Kemenkeu RI telah menerbitkan surat resmi yang ditujukan untuk seluruh Gubernur, Bupati dan walikota tentang nasib tunjangan para guru di tahun 2023.

Hal tersebut disampaikan setelah disetujuinya Rancangan Undang-Undang APBN tahun 2023 menjadi Undang-undang APBN oleh DPR RI dalam rapat Paripurna.

Dalam Undangan-undang APBN tersebut terdapat alokasi anggaran untuk kesejahteraan guru di tahun 2023 melalui rincian tunjangan yang akan diberikan.

Berdasarkan UU APBN tersebut, Kemenkeu telah mengunci nasib tunjangan sertifikasi guru atau TPG dan tunjangan lainnya bagi guru Aparatut Sipil Negara (ASN) Daerah.

Adapun rincian tunjangan guru tersebut telah ada dalam Rincian Alokasi Transfer ke Daerah tahun 2023 yang terdapat dalam Dana Alokasi Khusus (DAK) Nonfisik.

Berikut rincian dana alokasi transfer ke daerah di tahun 2023:

  • Dana Bagi Hasil
  • Dana Alokasi Umum
  • Dana Alokasi Khusus Fisik
  • Dana Alokasi Khusus Nonfisik
  • Hibah ke Daerah
  • Dana Otonomi Khusus Provinsi Aceh
  • Dana Otonomi Khusus Provinsi-provinsi di Papua
  • Dana Tambahan Infrastruktur Provinsi-provinsi di Papua
  • Dana Keistimewaan D.I. Yogyakarta
  • Dana Desa, dan
  • Insentif Fiskal

Dalam anggaran DAK Nonfisik di tahun 2023, terdapat beberapa tunjangan yang akan diberikan pemerintah untuk guru yang sudah sertifikasi maupun yang belum.

Anggaran DAK Nonfisik di dalamnya terdapat tunjangan sertifikasi guru atau TPG ASN Daerah, tunjangan khusus guru (TKG) ASN Daerah yang bertugas di daerah khusus, dan tambahan penghasilan guru (Tamsil) ASN Daerah.

Bagi guru ASN Daerah, di tahun 2023 akan tetap mendapatkan tunjangan sertifikasi atau TPG sesuai dengan alokasi anggaran yang telah dikunci oleh Kemenkeu.

Sementara itu, bagi guru ASN Daerah yang belum memperoleh sertifikasi maka akan tetap mendapatkan tambahan penghasilan atau Tamsil di tahun 2023 sesuai dengan alokasi anggaran yang telah dikunci oleh Kemenkeu.

Dan bagi guru ASN Daerah yang  bertugas di daerah khusus, juga dapat memperoleh tunjangan khusus guru atau TKG sesuai dengan alokasi anggaran yang telah dikunci oleh Kemenkeu di tahun 2023.