Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERIKUT Ini Contoh Deskripsi Diri untuk PPPK Guru 2022 saat Mendaftar di sscasn.bkn.go.id

Bantuanguru.com -  Seleksi PPPK Guru 2022 telah dibuka mulai Senin (31/10/2022). Pendaftaran PPPK Guru dilakukan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id.

Terdapat sejumlah tahapan yang harus dilalui oleh pelamar, yakni mulai dari pendaftaran akun, pengisian biodata, memilih jenis seleksi dan formasi, pengisian riwayat hidup hingga mengunggah dokumen.

Pada tahapan pengisian riwayat, pelamar diharuskan mengisi riwayat hidup yang meliputi deskripsi diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisisi, hingga pengalaman kursus atau pelatihan.

Pengisian deskripsi diri terkadang membuat pelamar kebingungan mengenai apa saja yang perlu ditulis dan dimasukkan.

Lantas bagaimana cara mengisi deskripsi diri untuk PPPK Guru 2022?

Pada kolom yang tersedia untuk mengisi deskripsi diri, pelamar diharuskan menuliskan sebuah essay yang menggambarkan sosok diri pelamar.

Adapun yang hal yang harus dituliskan yakni berkaitan dengan bidang pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.

Pelamar bisa menuliskan essay tentang deskripsi diri itu maksimal 3000 karakter.

Berikut contoh deskripsi diri untuk PPPK Guru 2022:

Contoh 1

Nama saya Prajuda Asmara, seorang pendidik yang mengajar di Sekolah Dasar Maju Bangsa.

Saya lahir di Klaten 11 Maret 1998 dan telah mengajar di SD tersebut selama lima tiga tahun. Dalam menjalankan tugas, saya berupaya untuk mampu bersosialisasi dan semngat tinggi dalam mengajar.

Hal itu dibuktikan dengan kedekatan antar guru ataupun dengan anak-anak didik. Dalam mengajar saya berupaya mewujudkan suasana yang menyenangkan, menarik serta mudah dipahami sesuai karakteristik anak didik.

Hal ini saya lakukan dengan senang hati dan tidak merasa terbebani. Selama di lembaga, saya juga terus menjagfa dan memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan bersama.

Contoh 2

Nama saya Heru Listanto, lahir di Boyolali pada 13 September 1998. Saya adalah seorang guru di SD Kabupaten Boyolali, tepatnya di SDN 1 Denggungan.

Berbagai karakter siswa telah saya temui selama mengajar sembilan tahun SD tersebut.

Selama bertugas di sana, saya pernah menjadi wali kelas selama 3 tahun untuk kelas 3 dan 4 tahun untuk kelas 5. Sisanya yakni sebagai guru biasa, yakni saat awal-awal mengajar di sana, pada 2013 silam.

Selama mengajar disana, saya banyak berkolaborasi dengan para guru lain untuk memajukan sekolah menjadi lebih unggul.

Salah satu program yang yang kami terapkan dalam dua tahun terakhir ini yakni pembelajaran di alam dengan mengaktifkan media pembelajaran lingkungan sekitar.

Tujuannya yakni agar siswa tidak merasa bosan dalam pembelajaran dengan rutinitas di kelas saja.

Program ini membuahkan hasil, ditunjukkan dengan penilaian formatif dan sumatif, nilai siswa tersebut menjadi lebih baik. Selain aktif mengajar, kegiatan lain yang saya jalani yakni menjadi pendamping di Taman Baca Ramah Anak, yang diikuti oleh anak-anak usia pra sekolah dasar.

Di sana, mereka bisa bermain sambil belajar dengan cara membaca dan mewarnai hewan kesukaannya.

Lingkungan sekitar mengapresiasi kegiatan ini, mereka juga banyak menyumbang buku bacaan dan buku gambar untuk diwarnai anak-anak.

Aktiftas tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kompetensi sebagai guru.

Sehingga menjadi lebih terasah dan banyak menemukan ide yang bisa digunakan untuk pembelajaran untuk siswa.

Menurut saya, seorang guru tidak boleh hanya pandai dalam penguasaan materi tapi juga harus bisa berinovasi dalam menyampaikan materi.

*) Disclaimer: Pengisian deskripsi diri di atas hanyalah contoh. Masing-masing pelamar dapat menuliskan sesuai yang dialami dalam kehidupan nyata kesehariannya, sehingga tidak terpaku seperti di atas.