Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIMAK Penempatan Guru Swasta dalam Skema PPPK 2022, Lulus PG tapi Tidak Ada Formasi, Simak Disini Sekarang!

Bantuanguru.com -  Seleksi PPPK guru akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini dan guru yang sudah lulus passing grade bisa bersiap.

Aturan formasi PPPK guru 2022 ini adalah gabungan antara formasi tahap 3 dengan formasi PPPK tahun 2022 sehingga peluangnya jauh lebih besar.

Guru lulus passing grade meski merupakan guru swasta bisa dikatakan berada di posisi aman sebab sudah lulus PG.

Namun guru swasta tersebut juga masih harus memperhatikan tentang cara mendaftar dalam seleksi PPPK guru 2022, terutama skema penempatan guru swasta yang lulus passing grade tetapi tidak ada formasi.

Mengenai hal ini, BeritaSoloRaya.com telah melansir informasi dari kanal YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi) yang membahas tentang informasi ini.

Sebelum melangkah, perlu diketahui bahwa ada dua kabar untuk seluruh peserta prioritas 1 yang kemungkinan besar akan langsung mendapatkan penempatan PPPK 2022.

Guru swasta ternyata berbeda penempatannya dengan guru THK-II dan guru honorer di sekolah negeri, meskipun keduanya tetap berasal dari kategori yang sama.

Untuk guru negeri yang tidak mendapatkan formasi di sekolah induk maka akan dimasukkan ke cloud dan guru swasta yang tidak memiliki sekolah induk juga akan dimasukkan ke cloud.

Tentu ini menjadi kabar yang kurang baik bagi guru swasta sebab harus bersaing dengan guru negeri yang sama-sama dimasukkan ke cloud.

Dan ternyata, guru swasta dan guru negeri ini aka bersaing secaara perankingan dan akan diurutkan, otomatis guru swasta harus bersiap.

Kemudian ada kabar baik untuk guru swasta yang sudah lulus passing grade, meskipun dimasukkan ke cloud tetapi jika lolos maka akan ditempatkan di sekolah negeri.

Hal itu juga termaktub dalam Permenpan RB No 20 Tahun 2022 yang menjelaskan terkait pengadaan PPPK guru.

Formasi yang dibuka oleh pemerintah daerah (Pemda) akan diberlakukan untuk guru yang sudah lulus passing grade sehingga menjadi peluang bagi guru swasta.