Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEMENPAN RB Sampaikan Ini untuk Guru Honorer di PPPK Tahap 3, Terkait Masa Depan Tendik di Tahun 2023

Bantuanguru.com - Pada pelaksanaan PPPK guru tahap 3 tahun 2022, Pemerintah menargerkan untuk mengangkat guru honorer menjadi ASN PPPK.

Di mana dari perhitungan kebutuhan ASN PPPK guru tahun 2022, merencanakan perekrutan PPPK jabatan fungsional guru sebanyak 758.018.

Terlebih pengangkatan guru honorer menjadi ASN PPPK juga menjadi fokus utama Pemerintah di tahun 2022 ini.

Guna melancarkan perekrutan guru honorer menjadi PPPK, Kemenpanrb akan memperkuat sistem pengadaan CPNS dan PPPK secara keseluruhan.

Hal tersebut terdiri dari tahap pengumuman, SKD (Seleksi Kompetensi Dasar), dan CAT bidang menggunakan Computer Asssited Test, penetapan NIP, penetapan hasil akhir, hingga pengangkatan menjadi ASN.

Adanya sistem tersebut diperuntukkan agar tidak banyak pelamar PPPK yang mengundurkan diri setelah diangkat menjadi PPPK.

Terlebih Kemenpanrb juga mengatakan bahwa menjadi PNS dan ASN merupakan pengabdian kepada bangsa.

Di mana prinsip pengabdian adalah terkait apa yang PNS dan ASN dapat berikan kepada Negara, bukan apa yang Negara berikan kepada ASN dan PNS.

Hal tersebut disampaikan Kemenpanrb, berkaitan dengan insentif yang dinilai relatif bagi sebagian pegawai negeri.

Meski demikian, dengan adanya tunjangan kinerja, gaji ke-13, gaji ke-14, jaminan pensiunan seumur hidup, taspen, dan pendapat lain.

Hal-hal tersebut diberikan oleh Pemerintah guna mendukung kinerja ASN agar dapat mengimbangi pegawai swasta.

Kemenpanrb juga menyadari bahwa yang diberikan oleh Pemerintah juga belum merata di semua daerah.

Akan tetapi, Kemenpanrb juga menyampaikan bahwa seiring dengan waktu dan jiwa pengabdian ASN akan dapat terasah.

Di samping itu, dari rencana proses perekrutan PPPK guru tahap 3 tahun 2022, yang banyak guru honorer yang akan menjadi ASN di tahun 2022 ini.

Pemerintah juga tengah mempersiapkan formasi agar guru honorer dapat diangkat menjadi ASN PPPK pada bulan Juli hingga Agustus mendatang.

Dari pengangkatan guru honorer tersebut, Pemerintah telah mengungkapkan bahwa akan mengutamakan guru honorer yang telah lulus passing grade terlebih dahulu untuk diangkat menjadi PPPK.

Hal tersebut sesuai dengan regulasi Pemerintah terkait mekanisme seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022, yakni guru honorer yang telah lulus passing grade akan langsung penempatan, mekanisme kedua yaitu kesesuaian atau verifikasi, dan ketiga yaitu seleksi tes.