Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bulan Juli Ini Guru PPPK 2022 yang Telah Lulus Passing Grade, Sudah Bisa Lihat Sekolah dan Nama, Segera Cek DISINI

Bantuanguru.com -  Jadwal rekrutmen PPPK guru tahap 3 akan dilakukan di bulan Juli tahun 2022 ini. Terlebih di bulan Juli tahun 2022 ini, akan memasuki mekanisme seleksi pertama pada PPPK guru 2022.

Di mana guru yang telah lulus passing grade tahun 2021, akan segera ditempatkan di sekolah tempat mengajarnya.

Jadwal penempatan guru PPPK 2022 yang telah lulus passing grade ini, akan dilakukan pada pertengahan bulan Juli hingga akhir Agustus tahun 2022 mendatang.

Lebih lanjut di bulan Juli ini, juga telah dilakukan pemetaan untuk pelamar PPPK 2022 yang lulus passing grade, dan beberapa pelamar tersebut juga dapat melihat nama-nama sekolah dan instansinya, apakah pelamar tersebut tetap di  instansi awalnya ataukah diubah.

Seperti Pemerintah Kabupaten Wonogiri, terdapat sebanyak 623 yang sudah dipetakan formasinya di PPPK guru 2022 ini.

Untuk mengecek hasil pemetaan, bisa menggunakan aplikasi yang telah ditentukan oleh PPPK.Kemdikbud.go.id.

Aplikasi tersebut adalah SIM Pemetaan guru PPPK versi 3.4, yang hanya bisa diakses oleh operator daerah dengan menggunakan username dan kata sandi yang diberikan.

Kemudian, di dalam aplikasi tersebut terdapat tampilan rekap berdasarkan jenis pelamar dan kuota dari berbagai instansi.

Seperti Kab Palembang terdapat sebanyak 4 dari sisa formasi 2021, sebanyak 616 usul formasi di tahun 2022, dan sebanyak 2.880 untuk penambahan di tahun 2022. Sehingga total dari Kota Palembang ada 3.500.

Selain itu, juga terdapat urutan jenis pelamar yakni THK-II, guru honorer negeri, PPG, dan guru honorer sekolah swasta.

Di sisi lain, pada aplikasi tersebut juga terdapat instansi yang akan ditempatkan dengan menyesuaikan Satminkal (Satuan Administrasi Pangkal atau Sekolah Induk), dalam instansi, ditawarkan keluar instansi, belum dapat ditempatkan, dan penawaran dari luar.

Berkaitan dengan itu, khusus Kab. Wonogiri yang merupakan wilayah Jawa Tengah, maka untuk periode pengisian E-Formasi telah dilakukan di bulan Juni 2022 lalu, sebagaimana yang diberitahukan oleh PanRB.

Di mana untuk penempatan guru dari Kab. Wonogiri sudah terdapat penempatan nama sekolah, penempatan jabatan, penempatan instansi, status data, dan status kuota, seperti pada gambar di bawah ini:

Dari data tersebut dapat diketahui bahwasanya sudah terdpaat guru dari instansi Wonogiri yang telah mendapatkan formasi di PPPK 2022.

Di samping itu, bagi daerah lain juga perlu menunggu untuk penempatannya yang diperkirakan akan dilakukan hingga akhir bulan Agustus 2022, bagi guru yang telah lulus passing grade.

Hal tersebut sesuai dari apa yang telah disampaikan oleh PanRB melalui RDP Komisi X DPR RI mengenai mekanisme pembukaan formasi PPPK guru di tahun 2022.***