Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BERIKUT Ini Cara Cek Formasi Kosong PPPK 2022 Setiap Pemda, Mapel, Sekolah yang Diisi Guru Honorer

Bantuanguru.com - Ternyata terdapat beberapa daerah terkait PPPK 2022 dalam kategori aman, sangat aman, tidak aman, dan sangat tidak aman.

Hal tersebut dilihat berdasarkan formasi guru PPPK 2022. Ada beberapa daerah yang memiliki kuota tahun 2022 lebih besar dari peserta yang sudah lulus passing grade dan kuota lebih kecil.

Seperti diketahui bahwa formasi PPPK 2022 merupakan gabungan dari formasi PPPK tahun 2021 dengan formasi baru PPPK tahap 3.

Tentu saja berdasarkan mekanisme seleksi PPPK Guru tahun 2022, terdapat  peserta yang menempati sekolah induk atau di sekolah lain yang membutuhkan.

Lantas, bagaimana cara mengecek formasi kosong PPPK 2022 per Pemda, mata  pelajaran (mapel), dan per daerah?

Untuk melihat formasi kosong dapat menggunakan sscasn.bkn.go.id. Pada bagian "Layanan Informasi" terdapat hasil seleksi PPPK Guru dan ada link untuk formasi tahap 2.

Tujuan pengambilan hasil PPPK tahap 2 adalah untuk mengetahui formasi kosong atau formasi terakhir.

Formasi kosong atau terakhir tersebut sesuai dengan dinamika hasil seleksi PPPK 2021 yang didasarkan pada kompetensi tahap 2.

Dengan ini, akan ada penggabungan seleksi tahun 2021 dengan formasi baru PPPK tahun 2022.

Hasil seleksi tahun 2021 dapat diketahui juga melalui Pemerintah Daerah atau BKD masing-masing.

Contoh untuk mengetahui formasi kosong berdasarkan seleksi sebelumnya, misalnya terdapat file seleksi PPPK kompetensi 2 di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP).

SMP tersebut terdaftar untuk membuka formasi guru TIK dengan 1 formasi, namun pada halaman yang tertera tidak ada satupun yang melamar, berarti formasi tersebut masih tersedia di tahun 2022.

Jika file tersebut satunya terdata P3/L di kolom keterangan peserta, maka formasinya sudah terisi atau tidak kosong.

Apabila di sekolah tersebut masih membutuhkan posisi yang sama, maka akan ada pembukaan formasi.

Contoh lainnya, jika dalam data file keterangan status tertera TL pada kolom peserta, maka peserta tersebut tidak lulus passing grade.

Misalnya ada sekolah yang pesertanya tidak lulus passing grade dengan status TL dan tidak hadir dengan status TH maka formasinya masih kosong.

Begitu pula dengan sekolah yang semua pesertanya tidak lulus passing grade di seleksi tahun 2021 atau kompetensi tahap 2, berarti formasinya masih kosong. Status keterangan tidak lulus passing grade memiliki kode TL.

Itulah cara mengecek formasi kosong PPPK 2022 yang dapat dideteksi berdasarkan hasil seleksi PPPK tahun 2021 atau kompetensi tahap 2.