Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HOREE Ini 2 Posisi Pelamar PPPK Guru Tahap 3 Tahun 2022, yang Langsung Isi Kouta Formasi P3K, SELAMAT Ya!

Bantuanguru.com - Seleksi PPPK guru tahap 3 tahun 2022, sudah mendekati tahap seleksi untuk para pelamar PPPK. Kemdikbud juga telah membagi pelamar PPPK guru tahap 3 menjadi dua bagian yakni pelamar prioritas dan umum.

Di mana untuk pelamar prioritas PPPK guru tahap 3, terdiri dari pelamar prioritas 1, 2, dan 3. Dari pelamar tersebut akan diurutkan dengan menyesuaikan kondisi nilai para guru.

Seperti diketahui pelamar prioritas 1, merupakan guru honorer yang telah lulus passing grade di tahun 2021 lalu.

Maka dari semua guru honorer yang telah lulus passing grade tahun 2021, nilainya akan diurutkan oleh Pemerintah untuk dapat langsung penempatan.

Selain itu, dari nilai passing grade itu, juga akan diakumulasi dari nilai teknis yang terdiri dari murni dan afirmasi, manajerial, sosial, dan wawancara, hingga menghasilkan total nilai yang terbaik dari pelamar prioritas PPPK guru tahap 3.

Lebih lanjut terkait prioritas penempatan, dilakukan berdasarkan urutan kategori pelamar, yakni THK-II, guru honorer negeri, lulusan PPG, dan honorer swasta.

Kemudian pada masing-masing kategori dilakukan urutan berdasarkan nilai yang diperoleh pada hasil tahun 2021.

Hal tersebut sudah sesuai dengan Permen PANRN Nomor 28 Tahun 2021, sehingga nilai yang akan diperhitungkan adalah mulai dari nilai teknis, manajer sosial kultural, dan wawancara.

Selain itu, untuk penempatan Pemerintah telah membaginya menjadi tiga jenis mekanisme seleksi yakni langsung penempatan, seleksi kesesuaian atau verifikasi, dan seleksi tes.

Ketiga jenis mekanisme seleksi tersebut, dilakukan dengan urutan apabila seleksi langsung penempatan telah dilakukan, maka akan dilakukan seleksi untuk kesesuaian atau verifikasi, dan seterusnya.

Kemudian untuk dua posisi guru honorer yang sudah dipastikan akan mengisi formasi di PPPK guru tahap 3 tahun 2022, yakni:

1. Guru THK-II yang telah lolos passing grade

Guru THK-II yang telah lolos passing grade dan memiliki formasi di sekolah induknya. Dalam hal ini kouta yang tersedia lebih banyak dari jumlah guru induk.

Dari guru THK-II tersebut yang akan langsung penempatan dan menjadi ASN PPPK guru tahap 3 tahun 2022.

2. Guru honorer negeri yang lolos passing grade

Dalam hal ini untuk guru honorer yang lolos passing grade dan memiliki formasi di sekolah induk, maka akan langsung mendapatkan formasi pada PPPK guru tahap 3.

Selain itu, juga apabila kouta formasi lebih banyak dari jumlah guru induk, maka untuk pelamar tersebut akan langsung penempatan dan diangkat menjadi ASN PPPK guru tahap 3 tahun 2022.***