Muncul Edaran Guru Honorer Diangkat PNS Tanpa Tes, Ini Penjelasan Kemendikbudristek, Simak Ya! -->

Muncul Edaran Guru Honorer Diangkat PNS Tanpa Tes, Ini Penjelasan Kemendikbudristek, Simak Ya!

Kamis, 31 Maret 2022

Bantuanguru.com - Belakangan muncul edaran berisi informasi pengangkatan tenaga honorer, salah satunya golongan guru, untuk menjadi PNS tanpa tes. Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani menegaskan surat edaran tersebut adalah hoaks.


"Hoax yaaa," tulis Nunuk melalui Instagram pribadinya, dikutip Kamis (31/03/2022).


Dalam surat edaran hoaks yang diunggahnya, tertulis ada empat jenis tenaga honorer yang akan diangkat jadi PNS tanpa tes. Keempatnya adalah guru honorer, tenaga kesehatan, tenaga penyuluh pertanian, serta tenaga peternakan dan perikanan.


Dalam surat tersebut juga tercantum beberapa syarat bagi para tenaga honorer.


"Adapun syarat kriteria yang dimaksud: 1. Tenaga honorer umur 35 ke atas (KTP) 2. Tenaga honorer (khusus guru, sudah sertifikasi) 3. Tenaga honorer yang belum sertifikasi, tapi sudah terdaftar di Dapodik," tulis surat berita bohong tersebut.


Kabar Terbaru ASN PPPK Guru

Sementara, berdasarkan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi X DPR RI yang dilansir via YouTube pada Senin (28/03/2022), Dirjen GTK Iwan Syahril menyebutkan ada 212.392 kursi guru ASN PPPK yang belum terisi. Jumlah yang belum terpenuhi itu merupakan selisih antara peserta lulus sekaligus mendapat formasi dengan kursi yang tersedia.


"(Formasi) banyak dari daerah sulit jadi guru tidak melamar di situ. Sehingga formasi ini tidak dilamar baik di tahap 1 ataupun 2," jelas Iwan.


Selain itu, ada 117.939 formasi yang tidak memiliki pelamar sama sekali. Sementara, yang lulus dan mendapat formasi ada 293.860 guru, lulus tetapi tidak masuk formasi ada 193.954 guru, sedangkan yang tidak lulus ada 437.823 guru.


Mereka yang lulus seleksi PPPK guru dibagi menjadi lulus dan masuk formasi, lulus tapi tidak masuk formasi, dan belum lulus.


Bagi guru honorer yang lulus tapi tidak dapat formasi, Iwan memberikan angin segar. Dia menyampaikan, guru-guru tersebut akan diusahakan masuk formasi pada tahun selanjutnya tanpa tes ulang.


"Untuk guru lulus tapi tidak masuk formasi akan kami usahakan untuk masuk ke formasi tahun selanjutnya tanpa tes lagi," ungkap Iwan.


Demikian konfirmasi mengenai hoaks yang beredar soal pengangkatan guru honorer menjadi PNS tanpa tes dan kabar terbaru PPPK guru. Harap berhati-hati dan dapatkan informasi hanya dari sumber resmi. (Sumber : Detik )|