MOHON Diperhatikan Ya! Berikut Ini Penyebab UTAMA Guru Tak Dapat Undangan PPG 2022 di SIMPKB -->

MOHON Diperhatikan Ya! Berikut Ini Penyebab UTAMA Guru Tak Dapat Undangan PPG 2022 di SIMPKB

Rabu, 16 Februari 2022

Bantuanguru.com - Undangan calon guru yang lolos Pendidikan Profesi Guru (PPG) 2022 telah dikirimkam. Para guru diminta segera mengecek di akun SIMPKB.


Begini caranya:


Silahkan login menggunakan akun SIMPKB di https://ppg.kemdikbud.go.id/.


Selanjutnya bakal muncul notifikasi yang bertuliskan, Anda diundang menjadi calon peserta Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan.


Selanjutnya ada pilihan untuk mendaftar PPG Dalam Jabatan. Untuk daftar, silahkan pilih menu Mendaftar. Namun sebelum mendaftar, silahkan siapkan syarat PPG Dalam Jabatan 2022.


Bagaimana cara Daftar PPG Dalam Jabatan 2022 Online?


1. Aplikasi pendaftaran calon peserta seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 dapat dibuka melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB masing-masing.


2. Guru membuka situs tersebut untuk melakukan pendaftaran sebagai calon peserta dengan menggunakan akun SIMPKB masing-masing. Guru mengunggah atau upload hasil pindai atau scan ijazah asli S1/DIV. Bagi guru yang terkendala dengan akses internet, pendaftaran dapat dibantu oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan.


3. Guru menetapkan bidang studi yang akan diikuti dalam PPG. Ketentuan penetapan program studi PPG adalah linier dengan program studi/jurusan pada ijazah S1/DIV yang dimiliki. Daftar linieritas program studi PPG pada Lampiran II.


4. Guru mengisi nama perguruan tinggi dan program studi sesuai dengan ijazah S1/DIV.


5. LPMP melakukan verifikasi dan validasi kesesuaian berkas dengan syarat-syarat administrasi yang telah ditentukan diantaranya yaitu linieritas antara program studi PPG yang dipilih dengan program studi/jurusan pada ijazah S1/D4.


Lantas bagaimana yang tak mendapat undangan?


Belum masuk pendaftaran


Kendala masuk pendaftaran banyak terjadi saat masuk ke akun SIMPKB, namun tidak undangan dapat mengikuti pelatihan PPG.


Bagi calon guru harus mencermati terlebih dahulu waktu pendaftaran yang dibuka tanggal 10 Februari 2022.


Pendaftaran dan pengiriman berkas pada tanggal 10 sampai 23 Februari 2022 dan perbaikan berkas pada tanggal 10 sampai 25 Februari 2022.


Kemudian verval oleh petugas pada di tanggal 10 sampai 28 Februari 2022 dan pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 4 Maret 2022.


Ketika sudah mendaftarkan diri dan masuk ke akun SIMPKB pastikan data-data yang dimasukkan sudah terverifikasi atau statusnya valid.


Karena penyebab utama tidak mendapatkan undangan di SIMPKB adalah belum masuk waktu pendaftaran.


Bukan sasaran peserta PPG dalam jabatan tahun 2022.


Jika login pada tanggal 10 sampai 23 Februari 2022 belum ada tampilan untuk mendaftar atau undangan pendaftaran PPG tahun 2022.


Maka sudah dipastikan bahwa data yang diberikan bukanlah sasaran untuk PPG dalam jabatan tahun 2022.


Syarat mengikuti PPG yaitu peserta yang terdata belum mengikuti UTN sebanyak 4 kali dan memenuhi syarat dapat mengikuti seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022.***