Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALHAMDULILLAH Kabar Gembira, Gaji Guru Honorer di Daerah Ini Ditambah Rp500.000, Seluruh Guru Honorer Bahagia


Opinirakyat.org - Kabar gembira untuk guru honorer di Bukittinggi, Sumatera (Sumbar). Pemkot Bukittinggi akan memberikan tambahan gaji kepada guru honorer sebesar Rp500.000 setiap bulannya.


"Mulai bulan Januari tahun 2022 ini, guru honorer setingkat SLTA di Bukittinggi yang berada dalam wadah organisasi Ikatan Guru Honorer Indonesia (IGHI) akan diberi bantuan sebesar Rp500.000 per orang setiap bulan," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Kamis (13/1/2022).


Erman menambahkan, bantuan itu diberikan melalui dana APBD 2022 dalam bentuk Bantuan Keuangan Khusus (BKK). 


"Subsidi yang diterima oleh guru honorer ini tidak mengurangi jumlah gaji atau pendapatan yang telah diterima selama ini," katanya.


Dia menegaskan, hal ini merupakan penambahan pendapatan bagi setiap guru honorer, seluruh anggota IGHI yang mengajar di Bukittinggi.


"Dengan jumlah lebih kurang 1.500 orang Insya Allah akan mendapat bantuan secara merata, jangan sampai bantuan untuk guru honorer ini mengurangi pendapatan mereka sebelumnya," kata dia.


Dia melanjutkan, alasan pemko membuat program ini karena ekonomi sedang turun, penghasilan masyarakat menurun, jumlah orang miskin terus bertambah.


"Kami ingin pemerintah hadir untuk mengurangi beban mereka melalui biaya pendidikan yang kami tanggung untuk mengurangi beban rakyat,” katanya.


Untuk merealisasikan hal itu, Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyediakan anggaran terhitung Januari 2022 yang akan disalurkan melalui mekanisme transfer Bantuan Keuangan Khusus (BKK) pada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.


"Dananya ditransfer dari APBD Kota Bukittinggi ke APBD Provinsi, jumlahnya belasan miliar untuk subsidi iuran komite siswa, dan tambahan gaji guru honorer,” kata dia.


Selanjutnya pemerintah provinsi akan mencantumkan dalam APBD untuk seterusnya ditransfer melalui sekolah-sekolah SLTA sederajat di Kota Bukittinggi.


Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan guru semua.