DAFTAR Lengkap Nilai Passing Grade PPPK Guru 2021 Tahap 2 Agar Bisa LULUS & Kumpulan Contoh Soal Terbaru -->

DAFTAR Lengkap Nilai Passing Grade PPPK Guru 2021 Tahap 2 Agar Bisa LULUS & Kumpulan Contoh Soal Terbaru

Kamis, 09 Desember 2021

Bantuanguru.com - Seleksi Kompetensi II untuk rekrutmen PPPK Guru 2021 dilaksanakan 7-10 Desember 2021. Seleksi ini menyaring para peserta yang akan mengisi berbagai formasi Guru PPPK melalui ujian berbasis computer assisted test (CAT) dari BKN.


Peserta yang lolos di tahap II sepenuhnya diambil berdasarkan nilai tertinggi dan tidak lagi melalui afirmasi sekolah induk.


Seleksi Kompetensi II memiliki empat materi utama untuk diujikan kepada peserta. Materi tersebut terdiri dari seleksi kompetensi teknis, manajerial, sosio kultural dan wawancara. Semua materi memiliki passing grade atau nilai ambang batas yang mesti dipenuhi agar dapat lolos seleksi.


Petunjuk dan passing grade materi Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021


Jumlah total soal yang harus dijawab peserta Seleksi Kompetensi II adalah 155 butir. Waktu pengerjaan totalnya 170 menit untuk peserta umum dan 220 menit bagi penyandang disabilitas sensorik netra. Nilai kumulatif maksimal semua materi yaitu 740.


Mengutip postingan dari akun Instagram Kemenpanrb, teknis dan passing grade untuk tiap materi Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 sebagai berikut:


1. Teknis


Seleksi kompetensi teknis memiliki 100 nomor soal. Soal-soal di materi ini memiliki durasi pengerjaan 120 menit untuk umum dan 150 menit bagi penyandang disabilitas sensorik netra. Setiap soal yang benar diberi nilai 5 dan yang salah bernilai 0.


Nilai kumulatif maksimal untuk materi teknis adalah 500. Sementara passing grade-nya memiliki jenis yang sangat beragam berdasarkan satuan pendidikan yang dilamar. Rincian passing grade untuk materi teknis bisa dibaca dengan mengunduhnya lewat tautan ini.


2. Manajerial


Jumlah soal dalam seleksi kompetensi manajerial adalah 25 butir dengan waktu pengerjaan 40 menit untuk peserta umum, dan 55 menit bagi penyandang disabilitas sensorik mata. Setiap soal yang dijawab bernilai antara 1-4. Bila tidak menjawab maka mendapat nilai 0.


Passing grade materi manajerial adalah 130. Nilai kumulatif maksimalnya yaitu 200.


3. Sosio kultural


Seleksi kompetensi sosio kultural memiliki passing grade seperti materi manajerial yaitu 130. Nilai kumulatif maksimalnya juga serupa yakni 200. Perbedaannya pada nilai soal yang dijawab yaitu antara 1-5, dan bila tidak dijawab bernilai 0.


Jumlah soal sosio kultutal ada 20 butir. Durasi pengerjaan soal 40 menit untuk peserta umum, dan 55 menit bagi penyandang disabilitas sensorik mata


4. Wawancara


Seleksi kompetensi wawancara memiliki waktu singkat dalam pengerjaan yaitu 10 menit untuk 10 soal bagi peserta umum. Peserta penyandang disabilitas sensorik netra mempunyai waktu 5 menit lebih lama yakni 15 menit.


Setiap soal yang dijawab bernilai 1-4 dan bila dibiarkan tanpa jawaban bernilai 0. Passing grade-nya adalah 24 dengan nilai kumulatif maksimal 40.


Contoh soal ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru dapat dilihat dalam LINK DISINI