TES PPPK Guru Tahap 2 Segera Dimulai, Berikut Materi Pedadogi PPPK Guru 2021: Contoh Soal & Download Modul PDF -->

TES PPPK Guru Tahap 2 Segera Dimulai, Berikut Materi Pedadogi PPPK Guru 2021: Contoh Soal & Download Modul PDF

Senin, 01 November 2021

Bantuanguru.com - Penting untuk rekan-rekan ketahui, guna mempersiapkan diri menghadapi seleksi PPPK Guru 2021 Tahap 2, admin akan berikan Materi dan contoh soal yang bisa di download dibawah ini, semoga bermanfaat ya. 


Pedagogi adalah rumpun ilmu yang mempelajari seni mengajar. Topik pedadogi tentunya akan menjadi salah satu materi penting dalam seleksi kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2021.


Keterampilan guru dalam memahami ilmu pedagogi serta mengaplikasikannya diukur sebagai kompetensi pedadogik. Menurut Harista Lubis dalam "Kompetensi Pedagogik Guru Profesional", guru profesional dapat mengimplementasikan kompetensi pedagogik dalam mendidik muridnya.


Sejalan dengan hal itu, kompetensi pedadogik menjadi satu dari sederet standar kualifikasi guru yang tercantum Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007.


Lalu, indikator apa saja yang termasuk dalam kompetensi pedadogik tersebut? Melansir dari Ayo Guru Berbagi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membagi lima indikator penting yang harus dipenuhi dalam kompetensi pedadogik seorang guru, termasuk:


1. Kemampuan memahami peserta didik secara mendalam, dengan mengembangkan prinsip perkembangan kognitif, kepribadian, dan bekal ajar awal peserta didik.


2. Kemampuan merancang pembelajaran, termasuk menerapkan teori belajar dan pembelajaran, menentukan strategi pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik, hingga menyusun rancangan pembelajaran dari strategi tersebut.


3. Kemampuan melaksanakan pembelajaran, mulai dari menata setting pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran secara kondusif.


4. Kemampuan merancang dan mengevaluasi pembelajaran, termasuk menilai dan menentukan ketuntasan belajar.


5. Kemampuan mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasi potensinya baik di bidang akademik maupun non akademik.


Contoh Soal Pedagogik PPPK Guru 2021


Seleksi PPPK Guru 2021 saat ini telah memasuki tahap pemilihan formasi untuk seleksi tahap 2. Berdasarkan jadwal terbaru yang dirilis oleh Kemendikbud tahap tersebut masih akan berlangsung hingga 4 November 2021.


Bagi calon peserta PPPK Guru 2021 tahap 2 dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian mulai dari sekarang. Salah satu bentuk persiapannya tentu dengan mempelajari soal-soal PPPK Guru 2021.


Dikutip dari PGRI Tanjungpinang Timur berikut beberapa contoh soal dan jawaban kompetensi pedagogik yang dapat digunakan untuk latihan seleksi kompetensi 2021.


Soal 1

Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa, karena materi tersebut seharusnya diberi kan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu….


A. Soal harus sesuai dengan indikator

B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis

D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama

E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya


Jawaban: A


Soal 2

Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah….


A. Peniaian kinerja

B. Peniaian portofolio

C. Penilaian proyek

D. Penilaian jurnal

E. Penilaian diri


Jawaban: C


Soal 3

Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan...


A. Memberikan acuan

B. Melaksanakan tes awal

C. Memberikan bimbingan

D. Membuat kaitan

E. Meningkatkan motivasi


Jawaban: D


Soal 4

Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran adalah kompetensi...

A. Pedagogik

B. Profesional

C. Kepribadian

D. Sosial

E. Budaya


Jawaban: A


Soal 5

Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap prilaku siswa, maka instrumen yang diguanakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah...


A. Pedoman observasi

B. Kuesioner

C. Tes tulis

D. Pedoman wawancara

E. Tes hasil belajar


Jawaban: A


Download Modul Materi Pedagogi Gratis untuk PPPK Guru 2021


Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) merilis modul pedagogi untuk belajar mandiri.


Modul tersebut diharapkan dapat menjadi bahan belajar calon peserta seleksi PPPK Guru 2021 untuk meningkatkan pemahaman pegagogik dan profesional sesuai dengan bidang studi yang dilamar.


Kendati demikian, Ditjen tidak menyarankan perta untuk menjadikan modul tersebut sebagai satu-satunya bahan belajar.


"Modul ini merupakan salah satu bahan belajar mandiri yang dapat digunakan oleh calon guru P3K dan bukan bahan belajar yang utama" catat Rachmadi Widdiharto, Direktur GTK Pendidikan Dasar.


Modul Pedadogi untuk persiapan PPPK Guru 2021 tersebut dapat diunduh secara gratis melalui link berikut:


Download Modul Belajar Mandiri Pedadogi PPPK Guru 2021 PDF


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai TES PPPK Guru Tahap 2 Segera Dimulai, Berikut Materi Pedadogi PPPK Guru 2021: Contoh Soal & Download Modul PDF, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan guru honorer semua.