SELEKSI PPPK Guru Tahap 2 Dimulai 15 November, Berikut Kategori Guru Honorer Yang Punya Peluang Besar LULUS di PPPK Tahap 2, Cek DISINI -->

SELEKSI PPPK Guru Tahap 2 Dimulai 15 November, Berikut Kategori Guru Honorer Yang Punya Peluang Besar LULUS di PPPK Tahap 2, Cek DISINI

Rabu, 10 November 2021

Bantuanguru.com - Pengumuan Terbaru dari Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril mengumumkan jadwal terbaru seleksi PPPK guru tahap II. Seleksi tahap II ini sempat ditunda akibat penyesuaian jadwal pada Seleksi Kompetensi PPPK guru tahap pertama.


Pengumuman tersebut tertuang dalam surat Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 6184/B/GT.01.00/2021 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II Guru ASN-PPPK 2021.


"Sehubungan dengan proses evaluasi menyeluruh pada hasil Seleksi Kompetensi I PPPK guru 2021, dengan ini disampaikan penyesuaian jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi II Guru PPPK, pengumuman dan Pemilihan Formasi II dimulai 15-19 November," kata Iwan dalam keterangan tertulis, Selasa (9/11).


Iwan juga meminta pelamar selalu memantau perkembangan informasi pada laman resmi PPPK guru milik Kemendikbudristek di https://gurupppk.kemdikbud.go.id


Berikut jadwal terbaru seleksi PPPK guru tahap II tahun 2021.


15-19 November 2021

- Pengumuman dan Pemilihan Formasi


2 Desember 2021

- Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK


2-5 Desember 2021

- Cetak Kartu Peserta Seleksi PPPK Guru


6-10 Desember 2021

- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II


16 Desember 2021

- Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II


17-19 Desember 2021

- Masa Pengajuan Sanggah II


19-25 Desember 2021

- Masa Jawa Sanggah II


30 Desember 2021

- Pengumuman usai sanggah


Sebelumnya Kemendikbudristek menunda pemilihan formasi dalam proses seleksi PPPK guru tahap lantaran ada penyesuaian tanggal karena penundaan Seleksi Kompetensi tahap I.


Jadwal seleksi PPPK Guru tahap II telah mengalami penundaan ketiga kali. Semula, pemilihan formasi PPPK guru tahap II direncanakan dimulai pada 9-15 Oktober 2021, kemudian diundur pada 1-4 November 2021, dan menjadi 15-19 November.


Sebagai informasi seleksi PPPK guru tahap II ditujukan untuk peserta guru honorer baik di sekolah negeri maupun swasta, tenaga guru honorer eks K2, serta lulusan pendidikan profesi guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan pendidikan guru Kemdikbudristek.


Alur Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021


1. Pelamar yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Pertama bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Kedua.


2. Pelamar yang masuk ujian Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Kedua dan pelamar yang tidak lulus pada tahap pertama yang telah memilih formasi melakukan cetak kartu ujian.


3. Pelamar yang masuk ujian Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan kedua dan pelamar yang tidak lulus pada tahap pertama melaksanakan ujian seleksi tahap kedua.


4. Panitia akan mengumumkan hasil ujian seleksi tahap kedua.


5. Pelamar yang tidak lulus dapat menyanggah terkait hasil ujian seleksi tahap kedua.


6. Panitia akan mengumumkan hasil sanggahan dimana hal tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


7. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan.


Tahapan yang harus dilakukan adalah memilih formasi. Berikut mekanisme seleksi PPPK guru tahap 2:


  1. Peserta mendaftarkan formasi melalui ke sscasn.bkn.go.id sebagai bukti mengikuti ujian PPPK Guru tahap 2
  2. Peserta boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan
  3. Peserta akan memperoleh lokasi dan jadwal ujian setelah melakukan pendaftaran
  4. Peserta melakukan cetak kartu peserta ujian
  5. Jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh pada ujian 1, yang sudah melebihi ambang batas, itu masih bisa digunakan


6 Kategori Guru Honorer berpeluang besar lulus ujian PPPK Tahap 2


1. Pelamar dengan kode X-P1, X-P2, X-P3


2. Pelamar dengan kode Y-P1, Y-P2, Y-P3


Catatan


X = Kode dari sekolah induk


Y = Kode


P1 = lulus berdasarkan passing grade 1 (passing grade awal yang telah diterbitkan Kemendikbud)


P2 = Bapak/Ibu Guru honorer umur di atas 50 Tahun (Kompetensi teknis tidak dihitung, pg manajerial sosio kultural dan wawancara diturunkan)


P3 = Hanya kompetensi teknis yang pg nya diturunkan


Y-P1, Y-P2, Y-P3 = Dinyatakan lolos ambang batas berdasarkan kategori masing-masing. Tapi tidak lolos tahap 1 karena tidak mendapat formasi. Pelamar dengan kode ini dapat menggunakan nilai pada tahap 1 untuk tahap ke-2 dan 3 dengan syarat memilih jabatan dan formasi yang sama.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai SELEKSI PPPK Guru Tahap 2 Dimulai 15 November, Berikut Kategori Guru Honorer Yang Punya Peluang Besar LULUS di PPPK Tahap 2, Cek DISINI, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan guru semua.