TUNTAS Sudah TAHAP 1, Bersiap Seleksi PPPK Guru Tahap 2 Berikut Materi Ujian Beserta Jadwal Lengkap serta Alurnya, Silahkan Dicatat DISINI -->

TUNTAS Sudah TAHAP 1, Bersiap Seleksi PPPK Guru Tahap 2 Berikut Materi Ujian Beserta Jadwal Lengkap serta Alurnya, Silahkan Dicatat DISINI

Kamis, 21 Oktober 2021

Bantuanguru.com - Dengan berakhirnya masa sanggah dapat dipastikan seleksi PPPK Guru tahap 1 tuntas, selamat kepada rekan-rekan guru honorer yang LULUS, untuk itu bagi guru yang belum lolos ditahap 1 bersiap mengikuti seleksi PPPK Guru Tahap 2 yang sebentar lagi digelar, berikut ini admin berikan bocoran Materi Ujian Beserta Jadwal Lengkap serta Alurnya, silahkan rekan-rekan guru catat dibawah ini ya.


Peserta yang tidak lolos seleksi pada tahap pertama maka diberi kesempatan untuk mengikuti tahap kedua.


Peraturan tersebut terdapat pada surat nomor 3768/B/GT.01.00/2021 tentang Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Jabatan Fungsional Guru pada Pemerintah Daerah Tahun 2021.


Rangkaian Seleksi Kompetensi II PPPK Guru akan dimulai pada 24 Oktober 2021 di mana kegiatan yang diselenggarakan adalah pengumuman dan pemilihan formasi.


Masa penyelenggaran kegiatan tersebut diakhiri pada 30 Oktober 2021.


Selain itu terdapat pula alur untuk pengumuman serta pemilihan formasi seleksi tahap II bagi pelamar.


Berikut adalah alurnya dikutip dari sscasn.bkn.go.id.


Alur Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021


1. Pelamar yang tidak lulus pada Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Pertama bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Kedua.


2. Pelamar yang masuk ujian Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan Kedua dan pelamar yang tidak lulus pada tahap pertama yang telah memilih formasi melakukan cetak kartu ujian.


3. Pelamar yang masuk ujian Seleksi Kompetensi Teknis Kesempatan kedua dan pelamar yang tidak lulus pada tahap pertama melaksanakan ujian seleksi tahap kedua.


4. Panitia akan mengumumkan hasil ujian seleksi tahap kedua.


5. Pelamar yang tidak lulus dapat menyanggah terkait hasil ujian seleksi tahap kedua.


6. Panitia akan mengumumkan hasil sanggahan dimana hal tersebut bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.


7. Pelamar yang dinyatakan lulus melakukan pemberkasan.


Setelah pelamar mengetahui terkait alur dari Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021 maka berikut adalah jadwal lengkap untuk pelaksanaannya.


Jadwal Seleksi Kompetensi II PPPK Guru 2021


- Pengumuman dan Pemilihan Formasi II: 24-30 Oktober 2021


- Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK Guru II: 4 November 2021


- Cetak kartu peserta seleksi PPPK Guru: 4-7 November 2021


- Pelaksanaan Seleksi Kompetensi II: 8-12 November 2021


- Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi II: 18 November 2021


- Masa sanggah II (masa pengajuan): 10-21 November 2021


- Jawab sanggah II (tanggapan sanggah): 21-27 November 2021


- Pengumuman pasca masa sanggah II: 28 November 2021


Sebelumnya, pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru I telah diumumkan pada Jumat (8/10/2021).


Pengumuman tersebut dilakukan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim lewat kanal YouTube Kemendikbud RI.


Dia mengumumkan bahwa jumlah guru honorer yang lulus formasi pada ujian pertama sebanyak 173.329 peserta.


"Sebanyak 173.329 guru honorer akan diangkat menjadi PPPK untuk tahun ini," ucapnya dikutip dari kanal YouTube Kemendikbud RI.


Terkait kuota akan mengalami penambahan karena dipastikan ada tahap kedua dan ketiga yang dapat diikuti oleh pelamar.


Sehingga apabila tidak lolos pada tahap pertama dapat lanjut di tahapan kedua serta ketiga yang akan dilaksanakan pada bulan November sampai Oktober 2021.


Materi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021


1. Kompetensi Teknis


Ujian seleksi kompetensi teknis berkaitan dengan bidang teknis jabatan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan secara spesifik;


2. Kompetensi Manajerial


Ujian seleksi kompetensi manajerial untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola organisasi;


3. Kompetensi Sosial Kultural


Ujian seleksi kompetensi manajerial untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan.


Materi tersebut terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi, dan jabatan. (Sumber : Tribunnews.com)