SILAHKAN Cek DISINI Hasil Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 -->

SILAHKAN Cek DISINI Hasil Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Kamis, 16 September 2021

Bantuanguru.com  -  Sekedar sebagai pengingat bahwa Seleksi Kompetensi untuk PPPK Guru, sudah berjalan sejak 13 September sampai 17 September 2021. Seleksi Kompetensi PPPK Guru akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)-UNBK yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek, bukan CAT BKN.


Seleksi Kompetensi yang terdiri dari Seleksi Kompetensi Teknis, Manajerial, Sosial Kultural, dan Wawancara.


Sama halnya dengan CPNS, untuk bisa dikatakan lulus dalam Seleksi Kompetensi, pelamar PPPK Guru harus memenuhi nilai minimal dalam bentuk nilai ambang batas (passing grade).


Passing grade diatur dalam Keputusan Menpan RB nomor 1127 tahun 2021 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru Pada Instansi Daerah Tahun Anggaran 2021.


Passing grade Seleksi Kompetensi Teknis PPPK Guru 2021 berbeda-beda untuk setiap jabatan.


Total jumlah soal dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah 155 soal, dengan rincian 100 soal Kompetensi Teknis, 25 soal Kompetensi Manajerial, 20 soal Kompetensi Sosial Kultural, dan 10 soal untuk Wawancara berbasis komputer.


Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021 dilaksanakan dalam total durasi waktu 170 menit.


Seleksi Kompetensi Teknis dilaksanakan dalam durasi waktu 120 menit, Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural yang disatukan rangkaian waktunya menjadi 40 menit, serta Wawancara 10 menit.


Durasi waktu ini dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra.


Bagi pelamar penyandang disabilitas sensorik netra diberikan tambahan waktu menjadi 220 menit, yaitu 150 menit untuk Seleksi Kompetensi Teknis, 55 menit untuk Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural, serta 15 menit untuk Wawancara.


Peserta PPPK Guru wajib mempelajari materi Soal Seleksi Kompetensi PPPK Guru agar bisa mencapai passing grade.


Materi Seleksi Kompetensi PPPK terdiri dari Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara.


Kompetensi Teknis bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.


Kompetensi Manajerial bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi terkait dengan integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan, dan pengambilan keputusan.


Sementara itu, Kompetensi Sosial Kultural dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku terkait dengan kepekaan terhadap perbedaan budaya, kemampuan berhubungan sosial, kepekaan terhadap konflik, dan empati. Selanjutnya, Wawancara ditujukan untuk menilai integritas dan moralitas.


Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi BKN Mohammad Ridwan, mengatakan hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru bisa dilihat di PC masing-masing setelah selesai ujian.


Selain itu, peserta juga bisa melihat hasil Seleksi Kompetensi di papan pengumuman yang akan di tempat di sekolah tempat pelaksanaan ujian.


“Hasil CAT UNBK untuk SelKom P3K  Guru dapat dilihat di PC saat sesi selesai DAN di papan pengumuman sekolah. Tentu perlu waktu untuk ditempel. Ini bentuk transparansi yg juga harus diapresiasi. Jgn lupa, nilai akan dikirim ke BKN scr sistem,” kata Mohammad Ridwan melalui akun twitternya, @abiridwan2173.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai Silahkan cek disini Hasil Ujian Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua.