Siapkan Dokumen Ini, Berikut Jadwal BSU Subsidi Gaji Tahap 4 dan 5 Cair, Cek Jumlah Kota Terima BLT Ketenagakerjaan -->

Siapkan Dokumen Ini, Berikut Jadwal BSU Subsidi Gaji Tahap 4 dan 5 Cair, Cek Jumlah Kota Terima BLT Ketenagakerjaan

Minggu, 05 September 2021

Bantuanguru.com -  Banyak rekan-rekan yang bertanya Kapan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT Subsidi Gaji tahap 3 cair? Seperti diketahui bantuan BLT Kemnaker tahap 1 dan sudah cair ke masing-masing rekening penerima melalui bank penyalur, yakni Bank Himbara di antaranya adalah adalah Bank BNI, BRI, BTN, BSI, dan Mandiri. Simak Jadwal Cair BSU Subsidi Gaji Tahap 3 dan 5 dibawah ini.


Bantuan Subsidi Upah atau Gaji termasuk jenis bantuan pemerintah lainnya dengan target penyalurannya ke pekerja, buruh, atau karyawan pada suatu perusahaan.

 

Penerima BLT Subsidi Upah/Gaji harus memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, serta bekerja di wilayah terdampak PPKM Level 3 atau 4.


BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan diberikan kepada pekerja yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estat, perdagangan, dan jasa, kecuali pendidikan dan kesehatan sesuai dengan klasifikasi data sektoral di BPJS Ketenagakerjaan.


Syarat yang paling utama agar anda dapat bantuan BLT/BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan Rp1 Juta adalah pastikan anda Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan.

 

Pekerja telah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan hingga 30 Juni 2021, serta memiliki gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta per bulan. Jika UMP atau UMK lebih besar dari Rp3,5 juta, maka menggunakan UMP atau UMK.


Selain itu, beberapa wilayah atau daerah di Indonesia masuk kategori PPKM Level 3 dan Level 4, sehingga pemerintah benar-benar membidik para pekerja yang sesuai dengan kriteria dan ketentuan berlaku dalam Permenaker Nomor 16 Tahun 2021, terdapat lampiran I yang menyebutkan Kota dan Kabupaten di 28 Provinsi yang menjadi target pencairan BLT Subsidi Gaji.


Jika dilihat dari peraturan Inmendagri 22/2021 dan 23/2021, karyawan yang berhak menerima bantuan tahap 1 BLT/BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan, yakni bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan 4 28 Provinsi dan 167 Kab/Kota.


Artinya sebanyak 167 Kota/Kabupaten yang menerima bantuan BLT/BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan Rp1 Juta.


Kemudian untuk pencairan BLT atau BSU Subsidi Gaji Ketenagakerjaan dilakukan dua kali, yakni Rp500/bulan, namun Kemnaker akan mencairkan dengan hitungan dua bulan langsung, sebesar Rp1 juta untuk masing-masing pekerja.


Bantuan subsidi gaji atau upah (BSU) ditargetkan akan selesai paling lama Oktober 2021, sehingga masih ada kesempatan bagi pekerja atau karyawan yang belum mendapatkan bantuan BLT Kemnaker 2021.


"Pada tahap III, IV, dan V ini mudah-mudahan lancar dan selesai paling cepat September, paling lama Oktober 2021," kata Menaker Ida Fauziyah didampingi Dirjen PHI Jamsos, Indah Anggoro Putri, usai melihat penyerahan BSU 2021 tahap III di PT. Semarang Autocomp Manufacture di Semarang, seperti dikutip Seputarlampung.com dari laman kemnaker.go.id, Senin 6 September 2021.


Bagi pekerja yang memiliki rekening Bank BCA dan Bank Swasta lainnya tidak perlu khawatir, jika dana BSU atau BLT Subsidi Gaji Ketenagakerjaan tidak cair, sebab tahap 3 dan seterusnya, yakni tahap 4 dan 5 akan dikhususkan untuk pekerja yang tidak memiliki di Bank Himbara.


“Penyaluran program BSU 2021 untuk tahap 3  dan seterusnya akan diberikan kepada pekerja yang tidak memiliki di Bank Himbara, sehingga akhirnya dibukakan rekening baru Bank Himbara,” jelasnya.


Sedangkan, untuk pekerja atau karyawan yang sudah memiliki rekening Bank Himbara, dana BSU Ketenagakerjaan sebesar Rp1 Juta  telah diprioritaskan telah cair di tahap 1 dan 2.


Sebagaimana diketahui, saat ini belum ada info resmi dari Kemnaker RI terkait pencairan BLT Subsidi Gaji Tahap 3.

 

Namun, masyarakat bisa mengetahui seputar kabar pencairan BSU Rp 1 juta  dengan berbagai cara, yakni sosial media resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) di Instagram @Kemnaker, cek info terkini BPJS Ketenagakerjaan di Instagram @bpjs.ketenagakerjaan, dan lakukan pengecekan rekening secara berkala. Jika uang Rp1 juta sudah masuk maka BSU sudah disalurkan.


Demikian berita dan informsi mengenai Berikut Jadwal BSU Subsidi Gaji Tahap 4 dan 5 Cair, Cek Jumlah Kota Terima BLT Ketenagakerjaan, Semoga ada manfaatnya unutk rekan-rekan semua.