Rekan-rekan Silahkan Catat! Jadwal Cair BLT BPJS Tahap 3, 4, 5 Cair Dari Menaker, BCA dan Bank Swasta Mulai Dapat -->

Rekan-rekan Silahkan Catat! Jadwal Cair BLT BPJS Tahap 3, 4, 5 Cair Dari Menaker, BCA dan Bank Swasta Mulai Dapat

Minggu, 05 September 2021

Bantuanguru.com - Rekan-rekan semua simak ( Menaker) memberikan jadwal pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 3, 4, dan 5. Seperti diketahui, saat ini BLT BPJS Ketenagakerjaan mulai disalurkan ke masyarakat, termasuk pengguna bank BCA dan swasta lainnya.


Penyaluran tersebut tetap dilakukan melalui bank himbara yang telah dibuat secara kolektif sebelumnya.


Menurut Menaker Ida Fauziah, pihaknya menargetkan jadwal pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan selesai pada September 2021.


Namun, pihaknya juga memberikan prediksi paling lama penyaluran hingga Oktober 2021.


"Pada tahap III, IV, dan V ini mudah-mudahan lancar dan selesai paling cepat September, paling lama Oktober 2021," katanya, melansir dari ANTARA, Sabtu (4/9/2021).


Adapun untuk pengguna bank BCA dan bank swasta lainnya, mulai mendapatkan subsidi gaji mulai tahap 3.


Hal itu juga menjadi penyebab penyaluran BLT BPJS Ketenagakerjaan cukup memakan waktu di tahap ketiga.


Sebagaimana dijelaskan oleh akun @kemnaker saat menjawab pertanyaan dari seorang warganet.


@sam_bintang03: Tahap 3 kapan cair?


"Mohon bersabar Rekan @sam_bintang03. Karena tahap 3 ini, banyak yang selain bank Himbara dan BSI (Aceh), Kemnaker akan membuatkan rekening baru (secara kolektif).


Penerima bantuan tinggal datang ke bank yang dituju untuk mengaktifkan rekening dan mengambil dana tunai," tulis akun @kemnaker.


Menaker menjelaskan bahwa dasar penyaluran BSU adalah Peraturan Menaker Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji/Upah bagi Pekerja/Buruh Dalam Penanganan Covid-19.


Syarat penerima BSU 2021 sendiri adalah WNI yang dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan memiliki upah paling besar Rp3,5 juta.


"BSU diberikan kepada pekerja yang memiliki rekening di bank-bank Himbara," ujarnya.


Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Sakina Rosellasari mengungkapkan bahwa berdasarkan data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Jateng tercatat ada potensi sekitar 1,2 juta pekerja yang memenuhi kriteria sebagai penerima BSU 2021.


"Hingga saat ini (BSU 2021 tahap III) sudah sekitar 1 juta sekian pekerja yang menerima BSU yang diharapkan dapat membantu pekerja terdampak COVID-19 dalam meningkatkan daya beli terkait rumah tangga," katanya.


Solusi Belum Terima BLT BPJS Ketenagakerjaan


Sementara itu, BP Jamsostek memberikan solusi bagi pekerja yang belum menerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, khususnya pemilik rekening BCA dan bank swasta.


Kontak tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan informasi soal subsidi gaji atau yang lainnya bisa menghubungi nomor hotline yang telah disediakan.


"Untuk informasi seputar layanan, sahabat dapat juga mengakses melalui nomor Whatsapp 081380070175 atau link berikut http://wa.me/6281380070175," sambung akun tersebut.


Nomor WA BPJS Ketenagakerjaan tersebut bisa diakses bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan bila mengalami kendala terkait layanan program BPJamsostek.


Adapun informasi yang dapat diperoleh sebagai berikut: Informasi kepesertaan Informasi klaim Informasi kanal layanan E-form pengaduan Informasi calon penerima bantuan subsidi gaji 2021


Artinya, untuk cek penerima subsidi gaji via WA kini bisa dilakukan melalui nomor WA BPJS Ketenagakerjaan yang sudah disediakan.


“Sahabat, BPJAMSOSTEK berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik agar manfaat bisa diterima dengan baik oleh peserta,” tegas BPJS Kenetagakerjaan.


“Untuk itu, Sahabat bisa WhatsApp melalui nomor 081380070175 untuk mendapatkan informasi dan bila mengalami kendala terkait layanan program BPJAMSOSTEK,” sambung akun tersebut.


Demikina informasi mengenai adwal Cair BLT BPJS Tahap 3, 4, 5 Cair Dari Menaker semoga berita dan informasi dari bantuanguru.com ini dapat bermanfaatnya untuk rekan-rekan karyawan semua.