PENTING Untuk DICATAT! Inilah 3 Tanda Kamu Termasuk 5,4 Juta Penerima BSU Subsidi Gaji September 2021 yang Diusulkan BPJS Ketenagakerjaan -->

PENTING Untuk DICATAT! Inilah 3 Tanda Kamu Termasuk 5,4 Juta Penerima BSU Subsidi Gaji September 2021 yang Diusulkan BPJS Ketenagakerjaan

Selasa, 14 September 2021

Bantuanguru.com - Rekan-rekan pekerja semua silahkan catata, Berikut 3 tanda kamu termasuk 5,4 juta penerima BSU Subsidi Gaji di September 2021 yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan. BLT Rp1 juta menantimu!


Seperti diketahui pada BLT Subsidi Gaji 2021, akan ada 8,7 juta pekerja yang bakal diusulkan BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat BSU mulai Agustus 2021 kemarin.


Dari angka tersebut, BLT Subsidi Gaji sudah disalurkan kepada 3,25 juta pekerja melalui 5 tahap. Adapun penyaluran tersebut dilakukan melalui 3 tahap.


Hingga kini, BLT Subsidi Gaji sudah disalurkan melalui 3 tahap itu. Kemnaker menargetkan BSU dicairkan ke pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan, kelar maksimal pada awal Oktober 2021.


Dengan demikian, artinya sebanyak 5,4 juta pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan akan mendapat BSU Subsidi Gaji pada tahap 4 dan 5.


Namun demikian yang perlu diketahui, tak semua pekerja yang diusulkan BPJS Ketenagakerjaan mendapat BLT Subsidi Gaji. Penuhi syarat yang ditetapkan untuk dapat BSU.


Syarat penerima BSU 2021 sendiri WNI yang dibuktikan dengan NIK, terdaftar sebagai peserta yang masih aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021 dan memiliki upah paling besar Rp3,5 juta.


Pekerja yang menerima BSU juga harus bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 dan diprioritaskan bagi mereka yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, properti dan real estate, perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan.


Berikut cara cek daftar penerima BSU Subsidi Gaji via situs Kemnaker.


  1. Kunjungi website kemnaker.go.id
  2. Daftar Akun. Apabila belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan pendaftaran. Lengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone Anda.
  3. Masuk. Login kedalam akun Anda.
  4. Lengkapi Profil. Lengkapi profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan dan tipe lokasi.
  5. Cek Pemberitahuan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.


Berikut 3 tanda diusulkan BPJS Ketenagakerjaan dapat BLT Subsidi Gaji:


1. Status "Terdaftar" di situs Kemnaker: "Hai (nama Anda), Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU 2021. Mohon bersabar menunggu informasi selanjutnya."


2. Status "Terdaftar" di situs BPJS Ketenagakerjaan: "Anda lolos verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verifikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021."


3. Status "Tersalurkan" melalui nomor HP pribadi kamu.


Adapun tanda BSU Subsidi Gaji tersebut bisa didapat oleh pemilik rekening apapun, baik bank BUMN maupun swasta.


Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, bagi mereka yang belum memiliki bank Himbara maka akan dibuatkan rekening supaya proses penyalurannya bisa segera dilakukan.


"Kami dialog langsung dengan penerima BSU 2021, dan karyawan Cak Har ini . Alhamdulillah sudah jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sesuai dengan Permenaker sudah memenuhi syarat sebagai penerima BSU," ujarnya dikutip dari Antara, Kamis, 2 September 2021.


"Sedangkan berdasarkan pengalaman pada tahun 2020 terlihat kalau perbedaan bank akan mengakibatkan proses transfer yang cukup lama. Dan mereka yang belum memiliki bank Himbara akan dibuatkan," imbuhnya.


Ia mengatakan, penerima BSU diutamakan mereka yang belum menerima bantuan dari pos kementerian yang lain, seperti bansos atau juga bantuan produk UMKM.


Demikian informasi penting dari bantuanguru.com berikan mengenai  Inilah 3 Tanda Kamu Termasuk 5,4 Juta Penerima BSU Subsidi Gaji September 2021 yang Diusulkan BPJS Ketenagakerjaan, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan pekerja semua.