PENGUMUMAN! BSU Tahap 4 Cair ke Rekening Pekerja BCA Hanya Lewat 4 Cara Ini, Kapan Jadwal Subsidi Gaji Tahap 5 Dirilis? Simak Selengkapnya DISINI -->

PENGUMUMAN! BSU Tahap 4 Cair ke Rekening Pekerja BCA Hanya Lewat 4 Cara Ini, Kapan Jadwal Subsidi Gaji Tahap 5 Dirilis? Simak Selengkapnya DISINI

Jumat, 10 September 2021

Bantuanguru.com - Kementerian tenaga kerja, Kemnaker memastikan BSU atau BLT subsidi gaji 2021 cair ke penerima sesuai dengan jadwal dan periode pencairan. Bantuan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dicairkan secara bertahap, mulai dari tahap 1, 2, 3, 4, hingga tahap 5. Simak selengkapnya dibawah ini.


Hingga saat ini, untuk penyaluran BSU atau BLT Subsidi Gaji 2021 tahap 1 telah tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap 2 tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap 3 tersalurkan kepada 1.158.529 penerima.


Berikut proses penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji Tahap 4 untuk nasabah BCA dan bank swasta lainnya.


Calon penerima BSU yang belum memiliki rekening Himbara di atas akan dibukakan rekening secara kolektif. Pembuatan rekening harus dikoordinasikan dengan pihak perusahaan.


1. Pastikan pihak perusahaan sudah menyampaikan kelengkapan data karyawannya yang menggunakan BCA atau bank swasta lain untuk proses pembukaan rekening kolektif. Seperti yang diketahui, dana BSU Ketenagakerjaan hanya bisa cair ke rekening Bank Himbara yakni Mandiri, BRI, BNI, dan BTN, serta BSI.


2. Selanjutnya, kelengkapan data dapat diajukan oleh HRD Perusahaan melalui menu Pelaporan Data Perusahaan di website resmi BPJamsostek dengan mengakses www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau berkoordinasi dengan Kantor Cabang BPJamsostek setempat.


3. Berikutnya, untuk kelengkapan data harus sudah lengkap dokumen berkas yang dipersyaratkan sebagai berikut:


• Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap , Tanggal Lahir , Alamat pemberi kerja, Nama Ibu Kandung, Nomor telepon seluler, Alamat email


4. Selanjutnya, Jangan lupa update data sudah dilakukan HRD perusahaan tempat Anda bekerja agar BSU tahap 3, 4 atau 5 bisa cair secepatnya ke rekening Anda.


Bagi pekerja yang memenuhi syarat dan kriteria penerima, sesuai Permenaker No 16 tahun 2021, maka dana Bantuan Bantuan Subsidi Upah (BSU) dipastikan cair ke rekening penerima dengan waktu yang telah ditentukan Kemnaker RI.


Kementerian Ketenagakerjaan menjelaskan bahwa karyawan yang memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU Subsidi Gaji Tahap 4 bisa bersabar.


"Sabaaaarrrr... Selama Rekanaker memenuhi persyaratan sebagai penerima BSU, pasti kebagian. Semua akan cair pada waktunya," tulis Kemnaker di akun instagram resminya, @kemnaker 9 September 2021.


Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menargetkan penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2021 selesai secara keseluruhan pada Oktober 2021.


"Mudah-mudahan BSU pada tahap 3, 4 dan 5 ini bisa lancar dan mampu diselesaikan paling cepat akhir September dan paling lama Oktober," kata Ida Fauziyah dikutip Seputarlampung.com dari laman resmi kemnaker.go.id, Rabu 8 September 2021.


Sementara itu, dana BSU atau BLT Subsidi Gaji Ketenagakerjaan tahap 3 dan seterusnya, yakni tahap 4 dan 5 akan dikhususkan untuk pekerja yang tidak memiliki di Bank Himbara, sehingga akhirnya dibukakan rekening baru Bank Himbara secara kolektif oleh Kemnaker yang bekerja sama dengan pihak bank dan perusahaan tempat Anda bekerja.


“Penyaluran program BSU 2021 untuk tahap 3 dan seterusnya akan diberikan kepada pekerja yang tidak memiliki di Bank Himbara, sehingga akhirnya dibukakan rekening baru Bank Himbara,” jelasnya.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com tentang Pengumuman BSU Tahap 4 Cair ke Rekening Pekerja BCA Hanya Lewat 4 Cara Ini, Kapan Jadwal Subsidi Gaji Tahap 5 Dirilis? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk rekna-rekan semua.