Kabar Baik! Penerima BPUM Rp 2,4 Juta Dapat BLT UMKM September 2021? Cek Syarat dan Cara Pencairan Uang Rp1,2 Juta Berikut -->

Kabar Baik! Penerima BPUM Rp 2,4 Juta Dapat BLT UMKM September 2021? Cek Syarat dan Cara Pencairan Uang Rp1,2 Juta Berikut

Jumat, 03 September 2021

Bantuanguru.com - Apakah Penerima BPUM Rp 2,4 juga dapat BLT UMKM pada September 2021? simak penjelasan berikut ini. Pemerintah memberikan Banpres BPUM sebesar Rp 2,4 juta pada 2020. Program BLT UMKM tersebut pun dilanjutkan pada 2021, namun nominalnya berkurang menjadi Rp 1,2 juta.


Adapun, pada September 2021, akan ada 500 ribu orang penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta. Para penerima merupakan orang-orang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.


Di antaranya, penerima BLT UMKM 2021 merupakan warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP. Kemudian, memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan calon penerima dari pengusul BPUM.


Penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta pun perlu memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU). Selain itu, mereka bukan merupakan kelompok berikut ini:


- Orang yang sedang mendapatkan fasilitas KUR.


- Orang yang pernah mendapat BPUM pada penyaluran sebelumnya.


- Orang yang bekerja sebagai PNS/PPPK (ASN), anggota TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD.


Berdasarkan kriteria tersebut, sudah jelas bahwa penerima BPUM Rp 2,4 juta pada 2020 tidak akan lagi mendapatkan BLT UMKM Rp 1,2 juta pada September 2021.


Terdapat dua link yang bisa diakses untuk mengetahui apakah kamu termasuk penerima BLT UMKM bulan ini atau bukan. Link tersebut yaitu BNI banpresbpum.id dan Eform BRI eform.bri.co.id/bpum.


Kamu cukup siapkan data NIK KTP untuk mengecek penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta. Khusus untuk link Eform BRI, selain mengecek penerima, kamu juga bisa melakukan reservasi online pengambilan uang bantuan UMKM.


Adapun, cara pengecekan dan reservasi pengambilan uang BLT UMKM Rp 1,2 juta di Eform BRI sebagai berikut:


- Akses link eform.bri.co.id/bpum, pakai HP maupun laptop.


- Isi NIK KTP dan kode verifikasi di kolom yang tersedia dan klik "Proses Inquiry".


- Selanjutnya, akan muncul keterangan mendapat BLT UMKM atau tidak.


- Jika termasuk penerima, lanjutkan ke link reservasi.


- Pilih kantor BRI tempat pengambilan uang BPUM Rp 1,2 juta dan waktunya.


- Setelah selesai, datangi kantor BRI sesuai saat reservasi dan sesuai tanggal yang dipilih. Jangan lupa, bawa KTP ya.


- Lengkapi dokumen pencairan yang nantinya diberikan petugas bank.


- Setelah lengkap dan terverifikasi, uang BLT UMKM Rp 1,2 juta akan cair.


Demikian informasi dari bantuanguru.com yang dapat kami berikan mengenai BLT UMKM Rp 2,4 juta tidak bisa mendapatkan BPUM Rp 1,2 juta di bulan September 2021. Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua.