Inilah Cara Ambil Bantuan BLT Anak Sekolah Rp 375 Ribu per 3 Bulan Dari Kemensos, Simak Bunda DISINI -->

Inilah Cara Ambil Bantuan BLT Anak Sekolah Rp 375 Ribu per 3 Bulan Dari Kemensos, Simak Bunda DISINI

Minggu, 05 September 2021

Bantuanguru.com - Kabar gembira untuk anak-anak sekolah khusunya  Bagi siswa jenjang pendidikan SMP bisa dapat bantuan tunai BLT anak sekolah dari Kemensos sebesar Rp 375 ribu. Bantuan ini diberikan kepada mereka siswa SMP dari keluarga yang terdaftar dalam penerima manfaat (PM) di sistem DTKS Kemensos.


BLT anak sekolah siswa SMP Rp 375 ribu ini merupakan bagian dari program keluarga harpan (PKH) yang masing-masing kategori penerima menerima jumlah bantuan yang berbeda. Termasuk anak sekolah SD, SMP, dan SMA.


Target penerima manfaat (PM) dari PKH ini adalah 10 juta keluarga. Adapun uang Rp 375 ribu untuk siswa SMP merupakan besaran bantuan yang diberikan per 3 bulan. Sehingga dalam setahun siswa SMP yang mendapat BLT anak sekolah akan menerima Rp 1,5 juta.


BLT anak sekolah termasuk PKH tersebut, penyalurannya dilakukan dalam empat tahap selama setahun. Tahap 1 bulan Januari, tahap 2 bulan April, tahap 3 bulan Juli, tahap 4 bulan Oktober 2021.


Adapun besaran bantuan yang diterima bagi penerima BLT anak sekolah adalah:


  1. Anak SD: Rp900 ribu per tahun atau Rp 225 ribu per tahap
  2. Anak SMP: Rp1,5 juta per tahun atau Rp 375 ribu per tahap
  3. Anak SMA: Rp2 juta per tahun atau Rp 600 ribu per tahap

Bantuan PKH yang sendiri selain menyasar kepada anak sekolah SD, SMP, dan SMA juga diberikan kepada kategori ibu hamil, balita dan anak usia dini, lansia, dan penyandang disabilitas.


Untuk megentahui atau cek penerima BLT anak sekolah SMP Rp 375 ribu bisa dilihat di situs cekbansos.kemensos.go.id.


Namun sebelum cek di situs tersebut, simak persyaratan di bawah ini pelajar yang bisa menjadi penerima BLT anak sekolah:


1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)


2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal yakni SD/SMP/SMA/SMK, serta non-formal seperti PKBM/SKB/LKP yang ada di daerahnya masing-masing.


3. Masyarakat penerima harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan Lembaga Pendidikan.


4. Apabila masyarakat tidak memiliki KIP, maka dapat mendaftar dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ke lembaga dinas pendidikan setempat.


5. Untuk yang tidak memiliki KKS, orang tua bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM pada RT/RW hingga kelurahan tempat tinggal.


Jika nama yang dimasukkan ke situs cekbansos.kemensos.go.id teridentifikasi sebagai penerima, maka bantuan akan disalurkan melalui bank Himbara (BNI, BRI, BTN, dan Mandiri) dan kemudian bisa diambil melalui ATM.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai Cara Ambil Bantuan BLT Anak Sekolah Rp 375 Ribu per 3 Bulan Dari Kemensos, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua.