Inilah Bocoran Jadwal Cair BLT Subsidi Gaji Tahap 3, 4, dan 5 Cair, Karyawan Pemilik Rekening Bank Swasta Bisa Dapat BSU Rp1 Juta -->

Inilah Bocoran Jadwal Cair BLT Subsidi Gaji Tahap 3, 4, dan 5 Cair, Karyawan Pemilik Rekening Bank Swasta Bisa Dapat BSU Rp1 Juta

Minggu, 05 September 2021

Bantuanguru.com -  Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Indonesia pasalnya BLT Subsidi Gaji tahap 3, 4, dan 5 akan segera cair, simak bocoran kapan waktu pendistribusian di artikel ini. Disematkan pula informasi karyawan pemilik rekening bank swasta tetap bisa dapat BSU Rp1 juta.


Kemnaker sedang dalam proses pencairan bantuan BLT Subsidi Gaji tahap 3, 4, dan 5, setelah sebelumnya berhasil menyalurkan BSU Rp1 juta itu kepada 2,1 juta karyawan pada tahap 1 dan 2.


Proses pendistribusian BSU harus melalui penyerahan data calon penerima dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker. Nantinya, BLT Subsidi Gaji disalurkan langsung ke rekening karyawan.


Menyinggung kapan waktu pencairan BLT Subsidi Gaji tahap 3, 4 dan 5, Menaker Ida Fauziyah buka suara. Dia membeberkan bahwa BSU ketiga tahap tersebut rampung sampai ke pekerja bulan September atau Oktober.


"Mudah-mudahan pada tahap 3, 4, 5, ini bisa lancar, mudah-mudahan kita bisa selesaikan BSU ini paling cepat akhir September, paling lama Oktober," bocor Ida Fauziyah, dilansir dari ANTARA, Jumat 3 September 2021.


Sementara itu, Kemnaker juga telah menetapkan beberapa syarat dan ketentuan calon penerima BLT Subsidi Gaji agar bantuan berjalan merata, berikut rinciannya:


1. Pekerja dengan status WNI dibuktikan dengan NIK


2. Terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan hingga akhir Juni 2021


3. Pekerja yang sektornya terdampak Covid-19, yakni sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan


4. Memiliki gaji maksimal Rp3,5 juta satu bulan


5. Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 (Lampiran I Permenaker Nomor 16 Tahun 2021)


6. Pengecualian bagi wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 dengan UMK atau UMP wilayah di atas Rp3,5 juta, maka batas ambang gaji ditentukan oleh UMK atau UMP wilayah (Lampiran II Permenaker Nomor 16 Tahun 2021)


Lebih lanjut, mekanisme penyaluran BSU langsung dieksekusi melalui rekening penerima. Sehingga para karyawan bisa cek rekening apakah saldo bertambah Rp1 juta atau tidak.


Kendati demikian, Kemnaker hanya bekerja sama dengan lima bank untuk mencairkan BLT Subsidi Gaji, yakni Bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI (khusus penerima Provinsi Aceh).


Kabar baiknya, para karyawan yang hanya memiliki rekening bank swasta, tetap bisa mendapat BSU, asalkan telah memenuhi persyaratan di atas.


Caranya adalah dengan menghubungi bagian HRD perusahaan yang nantinya Kemnaker akan membukakan rekening kolektif. 


"Jika Anda belum memiliki rekening Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN) atau Bank Syariah Indonesia (khusus wilayah Aceh), maka Anda akan dibuatkan rekening kolektif oleh Kemnaker yang bekerja sama dengan pihak bank dan perusahaan tempat Anda bekerja," sebagaimana dikutip dari laman kemnaker.go.id.


Sebagai informasi, karyawan juga bisa cek status penerima melalui laman BSU BPJS Ketenagakerjaan (bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id) atau daftar/login aku Kemnaker (kemnaker.go.id).


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai Jadwal Cair BLT Subsidi Gaji Tahap 3, 4, dan 5 Cair, Karyawan Pemilik Rekening Bank Swasta Bisa Dapat BSU Rp1 Juta, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua.