Inilah 5 Bentuk Soal-soal Asesmen Nasional Pengganti UN, Begini Penjelasan Mendikbud -->

Inilah 5 Bentuk Soal-soal Asesmen Nasional Pengganti UN, Begini Penjelasan Mendikbud

Kamis, 02 September 2021

Bantuanguru.com -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan teknologi atau Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim, secara resmi mengganti sistem Ujian Nasional atau UN menjadi Asesmen Nasional 2021. Inilah 5 Bentuk Soal-soal Asesmen Nasional Pengganti UN


Dikutip PikiranRakyat-Bogor.com dari laman resmi Kemdikbud, diketahui, Asesmen Nasional merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan.


Serta penilaian terhadap mutu satuan pendidikan atau setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.


Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar atau tentang literasi, numerasi, dan karakter, serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.


Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM, Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.


Asesmen Nasional pula dapat menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu.


Kemudian kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan, seperti kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan.


Selain itu, kesenjangan antara satuan pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, antardaerah, atau antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.


Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama dari setiap satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.


Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.


Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.


Adapun bentuk- bentuk soal Asesmen Nasional, adalah sebagai berikut:


1. Pilihan ganda

2. Pilihan Ganda Kompleks

3. Menjodohkan

4. Isian Singkat

5. Uraian


Sebagai langkah persiapan, maka pihak Kemendikbud, telah melakukan simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK.


Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, perubahan mendasar pada Asesmen Nasional, tidak lagi mengevaluasi capaian peserta didik secara individu.


"Tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa, input, proses dan hasil," ujarnya.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com mengenai 5 Bentuk Soal-soal Asesmen Nasional Pengganti UN, Smeoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan guru dan siswa semua.