Diperkirakan BSU Tahap 4 dan 5 Cair hingga Oktober? Awas, 6 Pekerja Ini Dijamin Gagal Dapat Subsidi Gaji Rp1 Juta, Segera Cek Nama Penerima DISINI -->

Diperkirakan BSU Tahap 4 dan 5 Cair hingga Oktober? Awas, 6 Pekerja Ini Dijamin Gagal Dapat Subsidi Gaji Rp1 Juta, Segera Cek Nama Penerima DISINI

Sabtu, 11 September 2021

Bantuanguru.com -  Berikut informasi apakah betul bantun subsidi gaji BSU tahap dan 5 akan cair hingga Oktober 2021. Bantuan subsidi gaji dijamin gagal cair kepada enam (6) pekerja yang tidak masuk dalam kriteria penerima manfaat. Simak daftar lengkapnya dibawah ini.


Bantuan subsidi gaji/upah (BSU) tahap 4 kembali cair ke rekening pekerja penerima manfaat. Hal ini dilansir dari kolom komentar di akun Instagram resmi Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker.


Beberapa pekerja mengungkapkan bahwa BSU tahap 4 sudah cair ke rekening mereka, “BTN tahap 4 cair min...mksih #kemnaker#bsu.”


Pekerja lain juga memberikan tanggapan pada unggahan di akun Instagram @kemnaker, 10 September 2021 lalu, “Alhamdulillah terimakasih ibu Mentri tahap 4 sudah saya terima.”


Selain bank BTN, beberapa rekening seperti BRI, BNI, dan Mandiri juga diketahui sudah menerima pencairan BSU tahap 4.


Sedangkan untuk penyaluran tahap 5, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerangkan bahwa pencairan akan terus dilakukan dan diperkirakan paling lama hingga Oktober 2021.


“Mudah – mudahan BSU pada tahap 3, 4, dan 5 ini bisa lancar dan mampu diselesaikan paling cepat akhir September dan paling lama Oktober,” terang Menaker Ida, seperti dikutp dari laman resmi Kemnaker, Jumat, 3 September 2021 lalu.


Perlu diketahui bahwa penyaluran BSU tahap 3, 4, 5 yang diperkirakan cair paling lama Oktober 2021 ini diperuntukkan bagi pekerja yang belum memiliki bank Himpunan Bank Negara (Himbara).


Bank yang termasuk dalam bank Himbara yaitu BRI, BNI, BTN, dan Mandiri.


Nantinya, pekerja yang belum memiliki bank Himbara akan dilakukan pembukaan rekening kolektif (burekol) atau rekening baru oleh Kemnaker.


Pekerja hanya cukup mengumpulkan data seperti nama lengkap, NIK KTP, nama ibu kandung, tanggal lahir, dan data lain untuk pembuatan rekening baru yang akan dipandu oleh HRD Perusahaan.


Namun perlu diingat bahwa pekerja yang dapat menjadi penerima subsidi gaji Rp1 juta tersebut yaitu yang sudah memenuhi syarat atau kriteria sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021 tentang Pemberian Subsidi Upah.


Sedangkan bagi pekerja yang masuk dalam daftar di bawah, sudah dipastikan akan gagal dapat BSU Rp1 juta ke rekening. Pekerja tersebut yaitu:


  • Penerima Kartu Prakerja
  • Penerima PKH
  • Penerima BPUM
  • Bekerja di sektor Pendidikan
  • Bekerja di sektor Kesehatan
  • Bekerja di wilayah selain PPKM Level 3 dan 4

Jika pekerja termasuk dalam enam golongan di atas, maka BSU sudah dipastikan gagal cair ke rekening.


Bagi pekerja penerima bansos lain dari pemerintah (BPUM, Prakerja, dan PKH) tidak diprioritaskan dapat subsidi gaji Rp1 juta dari Kemnaker, hal ini dikarenakan untuk menghindari adanya duplikasi data.


Ada baiknya, masing – masing pekerja memastikan terlebih dahulu bahwa pihaknya bukan menjadi penerima bansos lain selain BSU.


Demikian info dan berita yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai Diperkirakan BSU Tahap 4 dan 5 Cair hingga Oktober? Awas, 6 Pekerja Ini Dijamin Gagal Dapat Subsidi Gaji Rp1 Juta, Segera Cek Nama Penerima, Semoga info ini dapat bermanfaat untuk rekan-rekan semua.