BANYAK Yang Bertanya! Bagaimana Nasib BLT Guru Honorer Senilai Rp 1,8 Juta? Kemnaker Ungkap Rencana Penyaluran Bantuan -->

BANYAK Yang Bertanya! Bagaimana Nasib BLT Guru Honorer Senilai Rp 1,8 Juta? Kemnaker Ungkap Rencana Penyaluran Bantuan

Jumat, 17 September 2021

Bantuanguru.com - Sekedar informasi yang perlu rekan-rekan pekerja semua, Di saat hampir seluruh pekerja swasta telah mendapat BLT BPJS Ketenagakerjaan yang cair secara bertahap, bagaimana nasib guru honorer?


Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk guru honorer atau BLT guru honorer baru-baru ini juga jadi perhatian publik.


Sebuah informasi terkait adanya pencairan bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji bagi guru honorer pada bulan September, menyebar di media sosial Facebook.


Informasi tersebut diunggah pada 6 september 2021. 


Unggahan soal BSU guru honorer berbunyi sebagai berikut: 


“Buruan Cek info.gtk.kemdikbud.go.id, BSU Guru Honorer dan Non PNS dari Kemendikbud Ristek yang Cair September, Cek Caranya DISINI”. 


Unggahan itu juga merujuk pada portal berita dengan menampilkan judul yang sama seperti postingan Facebook tersebut. 


Dalam badan berita disebutkan, Pemerintah melalui Kemendikbud Ristek memberikan BSU untuk membantu meringankan masalah para guru honorer dan non PNS yang terdampak pandemi Covid-19.


Pemerintah dikatakan telah menyiapkan Rp 3,7 triliun yang ditargetkan akan dicairkan bagi 2 juta guru honorer dan non PNS di wilayah diberlakukannya PPKM Level 3 dan 4.


BSU ini akan dicairkan kepada guru honorer dan non PNS yang telah memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek.


Lantas benarkah bahwa subsidi upah bagi guru honorer dari Kemendikbud akan cair bulan September 2021?


Terkait unggahan tersebut, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan masyarakat Kemendikbud-Ristek, Anang Ristanto mengatakan, informasi bahwa BSU Guru Honorer akan cair pada Bulan September 2021 adalah informasi yang tidak benar.


Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel "Benarkah BSU Subsidi Gaji Guru Honorer Cair September? Ini Penjelasan Kemendikbud"


Pihaknya memastikan bahwa pada bulan September, Kemendikbud-Ristek tidak ada jadwal pencairan bantuan subsidi gajin untuk guru honorer. 


“Terkait hal ini informasinya tidak benar (hoaks). Kemendikbud-ristek pada bulan September 2021 tidak ada rencana penyaluran BSU,” ujarnya dihubungi Kompas.com, Senin (13/9/2021).


Pada tahun 2020, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan bagi guru dan tenaga pendidik non-PNS.


Bantuan tersebut berupa Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp 1,8 juta yang diberikan satu kali.


Saat itu, informasi mengenai penerima BSU Guru Honorer bisa dilakukan pengecekan melalui laman info.gtk.kemdikbud.go.id.


Namun terkait BSU guru honorer 2021, pihak Kemendibud-Ristek belum memberikan informasi lebih lanjut. 


Cara Baru Cairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi Pengguna BCA & Bank Swasta


Ada cara baru untuk mencairkan BLT BPJS Ketenagakerjaan bagi pemilik rekening BCA dan bank swasta. 


Melalui cara ini pekerja yang menggunakan rekening BCA dan bank swasta tidak perlu menunggu dibukakan rekening kolektif.


Diketahui, pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan untuk bank non Himbara masih dilakukan secara bertahap.


Beda dengan pengguna bank Himbara yang langsung ditransfer, pengguna BCA dan bank swasta harus melalui proses pembukaan rekening kolektif ( Burekol) terlebih dahulu.


Hal inilah yang menyebabkan pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan di BCA dan bank swasta prosesnya lebih lama.


Terbaru, terdapat cara lain yang bisa digunakan agar BLT BPJS Ketenagakerjaan atau subsidi gaji segera cair. 


Yakni melalui pindah rekening.


Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi baru-baru ini.


"Kalau sudah punya BRI (rekening himbara) sebaiknya menyampaikan ke perusahaannya bahwa dia memiliki rekening himbara juga," ujarnya, Minggu (12/9/2021), melansir dari Kompas.com


Menurut Anwar, jika sudah disampaikan ke pihak perusahaan atau pihak HRD, kemungkinan proses penyaluran dana BSU jadi lebih cepat.


Ia menambahkan, karyawan atau pegawai diminta untuk rutin mengecek kapan BSU mereka bisa disalurkan.


"Sekarang sudah mulai tahap 4, kalau sudah terjadwal menerima BSU di tahap 4 dan ingin pindah rekening, coba sampaikan ke HRD biar lebih cepat," lanjut dia.


Anwar menjelaskan bahwa pembuatan rekening kolektif dilakukan oleh pihak himbara bekerja sama dengan perusahaan tempat penerima subsidi upah bekerja.


Adapun BSU akan dicairkan ke rekening pekerja yang telah dibuatkan rekening di himbara setelah Kemnaker selesai melakukan pemadanan data.


"Setelah data yang kami peroleh dari BPJS Ketenagakerjaan, kemudian kami lakukan pemadanan dengan penerima program Kartu Prakerja, PKH, dan BPUM," kata dia.


Oleh karena itu, para pemberi kerja (perusahaan) dan tenaga kerja diharapkan segera menyampaikan kelengkapan data yang dibutuhkan dalam proses pembukaan rekening kolektif tersebut.


Kelengkapan data itu disampaikan HRD perusahaan melalui menu Pelaporan Data Perusahaan di situs web resmi BP Jamsostek (www.bpjsketenagakerjaan.go.id) atau berkoordinasi dengan kantor cabang BP Jamsostek terdekat.


Pertanyaan seputar kapan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 3 cair bagi yang sudah ditetapkan sebagai penerima subsidi gaji 2021 kembali muncul. 


Hal ini dipicu oleh keluhan pekerja yang telah ditetapkan sebagai penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, tetapi tak kunjung mendapat subsidi gaji. 


"Yang sudah ditetapkan kapan tersalurkannya @kemnaker," ujar seorang warganet.


"Min @kemnaker dr ditetapkan ke tersalurkan berapa lama ya ? aku non himbara tahap 3," tanya warganet lain di kolom komentar Instagram @kemnaker.


Lalu, kapan? 


Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) menjelaskan, BLT BPJS Ketenagakerjaan tahap 3 atau yang khusus bagi pemilik rekening BCA dan bank swasta masih dalam proses pencairan.


Hal ini lantaran adanya proses pembukaan rekening kolektif (Burekol) untuk para pemilik rekening bank BCA dan bank swasta.


Nantinya, pemilik rekening BCA dan bank swasta bisa langsung mendapat BLT BPJS Ketenagkerjaan melalui rekening barunya di bank Himbara.


Demikian yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai BANYAK Yang Bertanya! Bagaimana Nasib BLT Guru Honorer Senilai Rp 1,8 Juta, semoga ada manfaatnya unutk rekan-rekan semua.