Bantuan Subsidi Tunai (BLT) Tahap 4 Cair, Cek Penerima BSU Rekening BCA dan Swasta di WA BPJS Ketenagakerjaan Ini -->

Bantuan Subsidi Tunai (BLT) Tahap 4 Cair, Cek Penerima BSU Rekening BCA dan Swasta di WA BPJS Ketenagakerjaan Ini

Kamis, 02 September 2021

Bantuanguru.com - Teman-teman semua, (BSU) atau BLT subsidi gaji tahap 4 cair pekan kedua September 2021 kepada 1,8 juta calon penerima. Untuk pekerja yang punya rekening bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga, Bank Permata dan swasta lainnya, simak cara ceknya.


Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Anwar Sanusi membeberkan jika pihaknya telah menerima data rekening BLT subsidi gaji tahap 4 dari pihak BPJS Ketenagakerjaan. Kini, sedang dalam tahap verifikasi pemadanan dengan data bantuan sosial (bansos) resmi pemerintah lainnya.


Dari proses pemadanan, biasanya akan membutuhkan waktu hingga 7 (tujuh) hari kerja. Diprediksi BLT subsidi gaji tahap 4 atau BSU akan cair di pekan kedua September 2021.


Diketahui, Kemanaker menerima sebanyak 1,8 juta data pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan pada 25 Agustus 2021 untuk menjadi calon penerima BLT subsidi gaji tahap 4.


Setelah melakukan verifikasi data, Kemenaker akan menyerahkan data calon penerima BLT subsidi gaji tahap 4 kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kementerian Keuangan.


Dari KPPN, akan disalurkan kepada bank-bank milik BUMN atau Himbara, yakni Bank Mandiri, BTN, BRI, BNI dan BSI (khusus Aceh) untuk menyalurkannya kembali ke penerima BSU.


Lantas, bagaimana jika penerima BSU tidak memiliki rekening bank-bank BUMN seperti yang disebutkan di atas? Atau, hanya punya rekening bank swasta seperti BCA?


Kemenaker bekerja sama dengan bank-bank Himbara akan membukakan rekening secara kolektif. Syaratnya, perusahaan dan/atau para pekerja mau mengupdate data mereka di BPJS Ketenagakerjaan.


Untuk mengurus pembukaan rekening kolektif, perwakilan perusahaan atau para pekerja bisa berkoordinasi dengan Kantor Cabang BP Jamsostek di domisilinya.


Atau, juga bisa secara daring memperbarui data di www.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk sebagai penerima BSU subsidi gaji.


Berikut data yang dibutuhkan untuk pembukaan rekening secara kolektif:


1. Nomor Induk Kependudukan (NIK);


2. Nama lengkap menurut KTP;


3. Tempat dan Tanggal Lahir;


4. Alamat jelas menurut KTP;


5. Nama Ibu Kandung;


6. Nomor HP yang masih aktif;


7. Alamat Email yang masih aktif.


Cara cek data penerima BSU atau BLT subsidi tahap 4


1. Akses laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id


  • Masuk dengan data diri nama pengguna dan kata sandi yang Anda miliki.
  • Cek 'Kartu Digital'.
  • Klik gambar kartu tersebut kemudian akan muncul informasi terkait kepesertaan Anda dan nomor rekening.

2. Melalui aplikasi Jamsostek Mobile atau BPJSTKU


  1. Unduh aplikasi Jamsostek Mobile atau BPJSTKU di HP Anda (KLIK DI SINI).
  2. Lakukan registrasi sesuai yang diminta seperti, memasukan alamat email, masukkan kartu peserta Jamsostek (KPJ), NIK, tanggal lahir, dan nama lengkap Anda.
  3. Setelah selesai, masuk ke dalam aplikasi.
  4. Pilih menu 'Kartu Digital'.
  5. Info mengenai kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda akan tertera.

3. Via pesan chat WhatsApp (WA)

  1. Hubungi nomor WhatsApp BPJS Ketenagakerjaan 0813-800-70175 atau akses melalui laman https://wa.me/6281380070175.
  2. Setelah direspon, pilih "Informasi calon penerima BSU 2021".
  3. Ikuti petunjuk yang ada.
  4. Untuk diketahui, target pemerintah dalam penyaluran BLT subsidi gaji 2021 adalah untuk 8,7 penerima BSU. Di mana, tiap pekerja penerima yang sesuai syarat (LIHAT SYARAT DI SINI) dapat bantuan Rp 1 juta.

Hingga BLT subsidi gaji tahap 4 kini sudah ada total sekitar 5,55 juta penerima BSU. Artinya, ada 


Demikian info mengenai Bantuan Subsidi Tunai (BLT) Tahap 4 Cair, Cek Penerima BSU Rekening BCA dan Swasta di WA BPJS Ketenagakerjaan Ini