Akhirnya Yang Ditunggu! BLT Subsidi Gaji Cair, Tahap V Selesai Oktober 2021, Segera Siapkan Syarat Yang Dibutuhkan, Cek DISINI -->

Akhirnya Yang Ditunggu! BLT Subsidi Gaji Cair, Tahap V Selesai Oktober 2021, Segera Siapkan Syarat Yang Dibutuhkan, Cek DISINI

Senin, 06 September 2021

Bantuanguru.com -  Menaker Ida Fauziyah menargetkan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahap III hingga tahap V selesai paling lambat Oktober 2021. Saat ini, pencairan BLT subsidi gaji tahap III masih terus dilakukan.


"Mudah-mudahan BSU pada tahap III, IV, dan V bisa lancar dan mampu diselesaikan paling cepat akhir September dan paling lama Oktober," imbuh Ida dalam keterangan resmi, Jumat (3/9).


Ida menjelaskan pemerintah menyalurkan BSU tahap I dan tahap II kepada pekerja yang memiliki rekening di bank yang masuk dalam Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara).


Sementara, pekerja yang tidak memiliki rekening di bank Himbara akan masuk tahap III dan selanjutnya.


"Untuk tahap III dan seterusnya akan diberikan kepada pekerja yang tidak memiliki (rekening) di bank Himbara, sehingga akhirnya dibukakan rekening baru bank Himbara," terang Ida.


Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan mendapatkan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan. Sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan data hingga tahap III.


Pada tahap III, data yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1,5 juta pekerja. Namun, setelah diverifikasi kembali oleh Kementerian Ketenagakerjaan, jumlah pekerja yang akan mendapatkan BSU hanya 1.428.069 orang.


Hal ini karena 71.931 pekerja adalah penerima bantuan sosial (bansos) lain. Dengan demikian, mereka gagal mendapatkan BSU tahap III.


Bank Mandiri, sebagai salah satu bank pelat merah telah menyalurkan BSU kepada 800 ribu pekerja dengan nilai Rp800 miliar. Penyaluran dilakukan dalam dua tahap, yakni 11 Agustus 2021 dan 21 Agustus 2021.


Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pihaknya sedang memproses penyaluran BSU tahap ketiga. Dalam tahap ini, perusahaan akan menyalurkan BSU untuk 324.545 rekening pekerja.


Diketahui, aturan terkait BLT gaji tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Permenaker Nomor 14 Tahun 2020 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah Berupa Subsidi Gaji atau Upah Bagi Pekerja atau Buruh dalam Penanganan Dampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).


Dalam aturan itu disebutkan bahwa penerima BLT gaji bukan merupakan penerima bansos lain dari pemerintah.  Syarat lain, pekerja bergaji di bawah Rp3,5 juta per bulan.

Kemudian, warga negara Indonesia (WNI) dan bekerja di wilayah yang menerapkan kebijakan PPKM Level 3 dan Level 4.


Tidak ketinggalan, penerima harus merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.


Demikian informasi yang dapat bantuanguru.com berikan mengenai BLT Subsidi Gaji Cair, Tahap V Selesai Oktober 2021, Segera Siapkan Syarat Yang Dibutuhkan, Semoga ada manfaatnya untuk rekan-rekan semua.